Kumpulan Khotbah

17 Juni 2018

Hormatilah Ayah dan Ibumu

(Keluaran 20 : 12)

Melakukan hukum Taurat yang kelima, yaitu ‘Menghormati Ayah dan Ibu’ adalah perintah yang penting. Karena orang tua adalah wali Allah bagi kita di mana Allah sendiri yang menetapkan mereka bagi kita didalam kedaulatan-Nya, karena setiap orang berhutang budi pada orang tua dan Firman Tuhan menuliskan ada upah kebahagiaan dan umur panjang. Selamat Hari Ayah!

10 Juni 2018

Kasih yang Kekal Bagi Mereka yang Gagal

(Mazmur 103 : 8-18)

Manusia seringkali tidak mau menerima kegagalan dirinya sendiri bahkan kegagalan orang lain. Tetapi Tuhan adalah penyayang, pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia sehingga dalam kondisi apapun Tuhan menerima kita apa adanya dan tidak membiarkan kita apa adanya melainkan diproses untuk semakin serupa dengan-Nya.

3 Juni 2018

Allah yang Terlalu Sabar

(Yunus 4 : 1-11)

Kesabaran dan kebaikan Allah mengajarkan kita untuk memiliki konsep anugerah dan nilai yang benar, sehingga kita mampu menjadi berkat bagi sesama.

27 Mei 2018

Kesempatan Tidak Disia-siakan

(Yunus 3 : 1-10)

Allah menunjukan anugerah dan kemurahanNya dengan memberikan kesempatan yang cukup, kesempatan yang sama dan kesempatan kedua kepada umat pilihanNya. Sehingga respon kita seharusnya tidak menyia-nyiakan kesempatan yang Allah berikan. Amin.

20 Mei 2018

Makna Pentakosta pada Masa Kini

(Kisah Para Rasul 1 : 8 ; 2 : 14-21)

Pentakosta diperingati untuk mengingatkan bahwa setiap orang yang dipilih Allah, bertobat, menerima pengampunan dan menerima curahan Roh Kudus untuk bergerak, bersaksi dan memberitakan tentang pertobatan, pengampunan, dan perbuatan-perbuatan besar Allah ke segala bangsa sampai kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Selamat merayakan hari Pentakosta!

13 Mei 2018

Makna Kenaikan Kristus Bagi Gereja-Nya

(Yohanes 14 : 1-3; Yohanes 16 : 7)

Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga mengingatkan kita bahwa setiap orang percaya akan memiliki jaminan keselamatan di dalam Yesus Kristus, menjadi warga kerajaan sorga, menerima kemuliaan ketika Yesus datang yang kedua kali dan memiliki penghibur yang menyertai dan menginsafkan kita akan dosa, yaitu Roh Kudus.

6 Mei 2018

Jauh dari Hadapan Tuhan

(Yunus 2 : 1-10)

Hidup jauh dari hadapan Tuhan hanya akan membawa kita kepada keterpurukan karena Tuhan menganugerahkan kehidupan kepada kita untuk mewujudkan rencana Allah.

29 April 2018

Pelarian yang Sia-sia

(Yunus 1 : 1-17)

Teks bacaan kali ini dimulai dengan kalimat, ”Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai,..” (ayat 1). Istilah datanglah firman TUHAN atau Allah berfirman sebenarnya adalah istilah yang tidak asing lagi dan sering dituliskan dalam perjanjian lama (bahkan tertulis sebanyak 120 kali). Sehingga istilah datanglah ini seakan biasa dan tidak spesial. Namun, jika kita memperhatikan lebih […]

22 April 2018

Kuduskalah Hari Sabath (Seri 2)

( Keluaran 20:8-11)

Ingat dan kuduskanlah hari Sabath adalah perintah Tuhan agar kita memisahkan hari Sabath Minggu dan mengkhususkannya bagi Tuhan. Dimana pada hari tersebut kita melakukan perhentian penuh setelah enam hari lamanya bekerja dan mengadakan pertemuan Kudus untuk berbakti kepada Tuhan dan bersekutu dengan saudara seiman.

15 April 2018

Yesus Menampakan Diri

(Markus 16 : 9-14)

Jika kita menyimak baik-baik, teks bacaan minggu ini menunjukkan respons para murid mendengar kabar tentang kebangkitan Yesus yang dibawa oleh para perempuan yang baru kembali dari kubur Yesus, dan dari dua orang murid ketika dalam perjalanan menuju Emaus? Mereka tidak mempercayai berita tersebut. Karena ketidakpercayaan itulah maka Yesus menampakkan diri kepada mereka, dan mencela ketidak-percayaan […]

Page 1 of 22