Kumpulan Khotbah

20 Mei 2019

Melakukan Perbuatan Baik

(Efesus 2:10)


Mengapa kita harus berbuat baik?
Karena kita ini buatan Allah, sumber dari segala sesuatu yang baik!
Kita dibentuk dengan kebaikanNya dengan tujuan agar kita juga melakukan hal yang sama, yaitu melakukan kebaikan.
Ketika kita telah ditebus, Roh Kudus akan tinggal dalam hidup kita, dan Roh Kudus lah yang akan mengerjakan perbuatan baik itu.

15 Mei 2019

Dinamika iman Hana

(1 Samuel 1:9-20, 28)

Dinamika iman Hana


3 poin dari Iman Hana kepada Tuhan Allah : Tidak bergantung pada lingkungan, Senantiasa Mengingat akan Tuhan sebelum maupun sesudah pergumulan, tidak hanya berani meminta namun juga berani dan rela mengembalikan berkat yang diterima kembali kepada Tuhan.

24 Februari 2019

Berikatpinggangkan Kebenaran

( Efesus 6 : 10-14)

Selama manusia masih hidup, manusia perlu berikatpinggangkan kebenaran dengan cara hidup melekat di dalam kebenaran yang sejati (Aletheia) untuk melawan peperangan dengan iblis yang terlebih dahulu sudah dimenangkan Allah melalui karya Yesus Kristus di atas kayu salib.

17 Februari 2019

Rumah Tangga : Inisiatif Allah

(Kejadian 1 : 26-27; Kejadian 2 : 18-24)


Rumah tangga dicipta Allah dalam rancangan kekekalan oleh tangan dan nafas Allah sendiri untuk melaksanakan mandat prokreasi dan menguasai serta mengelola bumi.

10 Februari 2019

Mengapa Yesus Menebus Manusia bukan Malaikat?

(Ibrani 2 : 14-16)


Allah memilih manusia untuk diselamatkan karena manusia dicipta menurut gambar dan rupa Allah sendiri untuk mewakili Allah dan melaksanakan mandat yang diperintahkan Allah. Selain itu, manusia jatuh di dalam dosa dalam kesementaraan sehingga dapat diproses oleh darah Yesus Kristus sedangkan malaikat jatuh di dalam dosa dalam kekekalan. Lebih jauh lagi, penyebab manusia jatuh di dalam dosa adalah karena digoda oleh iblis, sehingga iblis-lah yang harus dihukum, sedangkan malaikat tidak ada penggodanya.

3 Februari 2019

Tangisan Misi Yesus Kristus

(Yohanes 11 : 33, 35, 38)

Tangisan Yesus ditujukan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya, terlibat dalam pelayanan tetapi tidak dekat dengan misi Tuhan juga kepada setiap orang yang tidak percaya, dan tidak menerima bahkan membuka hatinya buat Tuhan.

23 September 2018

Dia yang Menang atas Pencobaan

(Matius 4 : 1-11)


Ketika kita mengalamai tantangan, cobaan dan ujian, jangan pernah kecut dan tawar hati, karena tidak ada satupun peristiwa yang terjadi di luar otoritas Allah dan kita pasti sanggup melewatinya ketika kita bersandar kepada firman-Nya.

15 Juli 2018

Karakteristik Amanat Budaya

(Kejadian 1 : 28)


Karakteristik amanat budaya antara lain menekankan konsep berkat mendahului perintah, bersifat universal (berlaku bagi setiap orang) dan merupakan bagian dari hakekat manusia sebagai ciptaan Tuhan yang segambar dan serupa dengan-Nya.

8 Juli 2018

Amanat Budaya

(Kejadian 1 : 28)

Di dalam Kekristenan, menjalankan amanat agung saja tidaklah cukup namun perlu diikuti dengan amanat budaya. Jika amanat agung berbicara tentang bersaksi tentang Tuhan kepada seluruh bangsa namun amanat budaya berbicara tentang tugas manusia untuk memelihara, meneruskan, dan mengembangkan apa yang sudah dilakukan Tuhan Allah atas bumi dan bertanggung jawab atasnya.

24 Juni 2018

Makna Salam

(I Korintus 1 : 1-3)

Salam disampaikan untuk menunjukan identitias, menunjukan penghargaan dan penilaian kita terhadap orang lain dan harapan berkat bagi sesama kita.

Page 1 of 23