Ringkasan Khotbah

Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: ”Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Mazmur 15:34)

Apakah maksud dari ucapan Yesus yang keempat ini?

1.Yesus hendak memproklamirkan pada dunia bahwa diri-Nya adalah Mesias.

Kalimat ini menjawab teriakan-teriakan hinaan dan cercaan yang muncul dari bawah salib yang meragukan keberadaan Tuhan Yesus sebagai Mesias. Selain itu, kalimat ini juga mengacu pada Mazmur Mesianic yang tercantum dalam Mazmur 22:2. Mazmur tersebut adalah Mazmur nubuatan yang ditulis Daud yang dipimpin oleh Roh Kudus dan setiap tahunnya orang-orang Yahudi merayakan Paskah dan menantikan Mesisas dengan membacakan Mazmur 22:2. Dengan demikian ketika Yesus mengucapkan kalimat ini, Yesus hendak menunjukkan bahwa Dia-lah Mesias itu sendiri.

2. Yesus  hendak mengumandangkan posisinya sebagai subtitusi atau pengganti manusia.

Jika membaca kembali peristiwa sebelum penyaliban Tuhan Yesus, maka Yesus mengajak tiga orang muridNya untuk berdoa di Taman Getshemani. Adapun isi doaNya adalah jikalau Allah menghendaki cawan ini lalu dari padaNya. Maksud dari cawan ini adalah pengalaman keterpisahan antara Yesus dengan Allah Bapa dan pengalaman inilah yang membuat Yesus ketakutan. Keterpisahan ini disebabkan oleh dosa manuisa yang harus ditanggung oleh Yesus Kristus dan Yesus sendiri menjadi korban pengganti manusia.

3. Yesus hendak menyatakan betapa pentingnya relasi Yesus dengan Allah Bapa.

Yesus yang adalah Allah harus terpisah sementara oleh karena dosa manusia dan keterpisahan ini menjadi pengalaman yang menakutkan bagi Yesus. Karena selama hidupnya Yesus selalu berelasi dengan Allah. Dengan demikian, kalimat ini juga hendak mengingatkan kita betapa pentingnya kita berelasi dengan Allah.