Pengkhotbah

Perikop
Filipi 3:10-11

Ringkasan Khotbah

Berjuang adalah berusaha sekuat tenaga tentang sesuatu; berusaha penuh dengan kesukaran dan bahaya. Dalam berjuang tentu ada pihak musuh dan ada pihak yang dimusuhi, ada tawanan dan penawan, penindas dan yang ditindas. Didalam teks ini kita akan belajar tetang berjuang dalam Kristus. Tetapi pertanyaanya, siapakah Musuh orang Percaya? Efesus 6:12, karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Didalam teks ini adalah semua filosofi dunia dan aturan serta tatacara yang tidak berpadanan dengan injil Kristus yang bersifat harafia, tetapi tidak bersifat rohani. Paulus berkata: “… semuanya kuanggap sampah karena Kristus… “.(7-8). Paulus memberikan contoh tentang sunat dalam tradisi Yahudi.

Jadi perjuangan apa yang harus dilakukan oleh orang percaya supaya dikatakan berjuang dalam Kristus?

1. Berjuang mengenal Dia (Yesus)

Mengenal Allah yang benar hanya melalui Injil Kristus. Karena iman timbul dari pendengaran, pendengaran akan firman Kristus. Ada relasi khusus dengan Tuhan, sampai Tuhan berkata: “Aku menikmati kamu”, kita memberikan aroma Kristus yang tercium harumnya oleh Allah karena karakter Kristus hidup didalam hidup kita.

2. Berjuang mengenal kuasa kebangkitanNya

Kuasa kebangkitan bukan kuasa supra natural yang di ajarkan dan ditawarkan oleh berbagai ajaran yang berasal dari dunia ini. Juga bukan berasal dari agama suku. Bukan juga berasal dari tradisi nenek moyang. Tetapi kuasa yang lahir berdasarkan kepercayaan akan injil Kristus. Karena kuasa itu memberi hidup kepada setiap orang yang telah mati dalam Kristus. Sehingga kematian rohani dan kematian fisik tidak menjadi persoalan lagi bagi mereka yang percaya kepada kebenaran Injil Kristus. Karena Kuasa kebangkitan Kristus hidup didalam orang itu.

3. Berjuang untuk Persekutuan dalam penderitaanNya

Jemaat Filipi diberi peringatan oleh Rasul Paulus, apa yang membuat engkau sibuk? Ada yang memberitakan Kristus karena kasih, ada karena dengki, ada yang merasa lebih hebat dari orang lain karena lahir dari orang Yahudi, ada yang merasa sebagai orang penting dan harus dihormati. Banyak orang sibuk dengan kepentinganya sendiri, banyak orang menderita karena kepentingan masa depanya sendiri, banyak bersusah susah hanya untuk supaya mendapat nama. Apakah itu salah?

4. Berjuang menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya

Menjadi serupa bukan hanya berkaitan dengan kuasa, bukan hanya kebanggaan status sebagai anak tebusan, bukan juga serupa karena mandapat perlakuan sebagai anak raja. Tetapi serupa dalam kematian. Galatia 5:24, Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

5. Berjuang untuk beroleh kebangkitan bersama Kristus

Siapakah mereka yang beroleh kebangkitan bersama Kristus? Yaitu mereka yang telah berjuang untuk empat hal diatas. Mari kita koreksi diri kita, jika kita mau mendapat bagian dalam hari yang penuh kemuliaan itu. Yaitu kebangkitan bersama dengan Kristus.