Ringkasan Khotbah

Berkat adalah karunia Tuhan yg membawa kebaikan dl hidup manusia. Dalam bahasa Ibrani menggunakan istilah Berakah = (Prosperity = Kemakmuran), (liberty = kebebasan), (power of live = kuasa hidup). Dalam bahasa Yunani menggunakan istilah oulogia = kuasa hidup. Ternyata kata “berkat” dalam pikiran dan tradisi Yahudi tidak sederhana. Manusia zaman ini selalu mengertikan berkat berkaitan dengan hal materi.

Tetapi perlu di ketahui bahwa pemberi berkat hanyalah Tuhan pencipta. Manusia hanyalah alat untuk menjadi penerima berkat dan penyalur berkat. Namun berkat yg memiliki nilai kekal dihadapan Allah bukan materi. Karena berkat dari Tuhan akan melahirkan manusia yg baru memiliki Kemakmuran, kebebasan dan kuasa hidup.

Tuhan Yesus perlu untuk menampakkan, diri kepada para murid yg telah menerima pengajaranNya selama kurang lebih 3 1/2 tahun. Tiga berkat ini juga telah diberikan kepada para murid sebelum Tuhan Yesus mati. Apakah berkat itu?

1. Damai Sejahtera/eirene [Ayat 19]

Kebutuhan akan rasa aman dan damai dari manusia adalah kebutuhan yg cukup fital dalam kehidupan manusia. Dimana-mana orang sering mengalami krisis damai sejahtera.

Banyak artis yg kaya bunuh diri:

  • – Supermodel Kim Yuri juga menambah Daftar Artis Korea Bunuh Diri. Yuri di temukan meninggal tanggal 19 April 2011. Salah satu desas desus yang berhembus kencang adalah Kim Yuri dikabarkan bunuh diri dengan cara meminum racun. Namun polisi membantah hal tersebut. Di ungkapkan oleh otoritas berwenang bahwa model berusia 22 tahun itu meninggal dikarenakan berat dan tinggi badannya tidak sesuai. Fisik Yuri dianggap terlalu kurus karena saat meninggal tinggi badan Yuri 177 cm dan berat badannya hanya 47 kg dan Kim Yuri juga mengalami depresi.
  • – Park Yong Ha, Bintang serial drama Winter Sonata ini mengantung diri dengan kabel camcorder di rumahnya di Seoul pada 30 Juni 2010. Park, 32 tahun, bunuh diri karena frustasi menghadapi kanker perut sang ayah. Dia sangat menyayangi sang ayah dan merasa bersalah atas penyakit yang diderita ayahnya. Park juga yang merawat ayahnya selama sakit, artis sekaligus penyanyi.
  • – Rocker populer Jepang, yang ngetop karena lagu I LOVE YOU, Ozaki Yutaka diberitakan bunuh diri karena depresi namun ada juga berita bahwa dia meninggal karena overdosis narkoba.
  • – Dikenal lewat perannya sebagai Sailormoon (musical), Battle Royale II, dan Kamen Rider, diberitakan karena stress keluar masuk RS dan tidak kunjung sembuh, Miyuki Kanbe mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Damaisejahtera yang ditopang oleh dunia, tidak akan sanggup menopang seseorang ketika menghadapi tekanan hidup yg berat. Damai sejahtera yang kita miliki di topang oleh apa?
Satu-satunya damai sejahtera yang abadi dan tidak di topang oleh dunia ini hanya terdapat dalam Yesus Kristus, dan Kebangkitan Yesus Kristus menjadi pangkalan damai sejahtera hidup kita. (1Korintus 15:19).

2. Roh Kudus

Kebutuhan akan rasa ditolong dari orang lain adalah kebutuhan yang hakiki. Banyak orang salah dan tidak mengerti kalau manusia diberikan penolong oleh Tuhan. Selain ada malikat Tuhan sebagai penolong, Tuhan Yesus menjanjikan dan memberikan konfirmasi tentang pribadi penolong, sehingga janji Tuhan Yesus akan peribadi penolong dan penghibur perlu di beritahukan kembali.
Roh Kudus adalah Pribadi Penghibur yang dijanjikan Yesus Kristus sebelum mati. Seorang penolong dan yang mengutus adalah dalam Bapa dan Anak. Roh yang tidak datang dari Bapa dan Anak adalah adalah roh Anti Kristus.

Roh Kudus ini adalah Kuasa Hidup yang menginsafkan manusia dari Dosa, kebenaran dan Penghakiman (Yohanes 16:8). Roh Kudus juga adalah penolong manusia untuk diberikan potensi untuk diperbaiki menjadi anak-anak tebusan. Orang mengalami kepenuhan Roh Kudus adalah seluruh eksistensi kehidupanya dipakai untuk memuliakan Tuhan Yesus Kristus. Roh yg tidak memuliakan Kristus, tetapi memuliakan diri sendiri bukan lah manifestasi Roh Kudus. Disini manusia akan dipimpin oleh Roh Allah.

Roh Kudus juga adalah Pribadi yang menjadi materai Allah, supaya menjadi tanda milik sampai hari penghakiman terakhir. Karena hanya mereka yg memiliki materai Allah dalam dirinya akan dilayakkan masuk dalam kerajaan Allah yg kekal. (Efesus 1:14).

3. Pengampunan Dosa

Pengampunan adalah kebutuhan hakiki yang perlu dilakukan penyelesaian dengan Allah. Dosa adalah pelanggaran terhadap hukum Allah. Sehingga dosa hanya dapat dibereskan kalau pribadi Allah mau memberikan jalan keluar untuk pembebasan akan manusia berdoa.

Manusia dalam dirinya terdiri dari bagian daging dan bagian yang bersifat kekal. Oleh karena manusia yang memiliki keberadaan kekal maka manusia perlu melakukan penyelesaian dosa. Keberadaan kekal ini akan menyebabkan kematian kekal dan kehidupan kekal. (Daniel 12:2).

Upah Dosa adalah Maut. (Roma 6:23). Tuhan Yesus adalah korban persembahan yang tepat menurus ukuran Bapa di Sorga untuk menjadi korban pengganti mendamaikan Allah dengan manusia. (Roma 3:24-26; Kolose 1:13-14).

Pengampunan dosa hanya disediakan bagi mereka yang bersedia percaya kepada korban penebusan Yesus Kristus dan oleh kebangkitanNya, kita beroleh bagian dalam kemenangan dan pembebasan akan dosa, iblis dan maut.

Damai sejahtera, Roh Kudus, dan pengampunan dosa hanya bisa diterima, jika seseorang percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat. (Roman 10:9-10). Bekerja di dunia ini silahkan, sibuk silahkan, banyak urusan silahkan. Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah berkat yang memberikan hidup kekal. Dalam hal ini adalah damai sejahtera, Roh Kudus dan penebusan dosa. Burulah berkat ini dengan serius, lebih banyaklah menggunakan waktu untuk menerima berkat yang bernilai kekal. Jangan menyia-nyiakan kesempatan hidup yg diberikan oleh Tuhan Yesus.