Pengkhotbah

Perikop
1 Petrus 5 : 1-10

Ringkasan Khotbah

Pada hari ulang tahun GIII Osaka ini, tema yang diangkat adalah tema GIII Se-Jepang untuk tahun 2017, yaitu Dipenuhi Kasih dan Anugerah-Nya. Jika tema tahun 2016 berbicara soal hidup beriman kepada Tuhan maka tahun ini berbicara soal hidup dalam kasih dan anugerah Tuhan. Adapun kedua tema tersebut saling melengkapi, karena hidup di dalam Kristus tidak dapat lepas dari keduanya. Mengikut Kristus berarti manusia harus beriman kepadaNya juga manusia tidak dapat hidup tanpa anugerah dari Nya.

Dalam mengikut Kristus, bukan berarti manusia tidak akan mengalami penderitaan. Rasul Paulus dalam 1 Petrus 5 : 9 mengingatkan bahwa semua manusia menanggung penderitaan yang sama. Justru dalam penderitaan-lah anugerah Tuhan menjadi sempurna bagi manusia (lihat 1 Petrus 5:10). Berikut penjabarannya :

  1. dalam penderitaan, Tuhan memperlengkapi. Memperlengkapi disini berarti menyempurnakan, memulihkan dan mengembalikan ke keadaan semula. Keadaan semula maksudnya keadaan dimana kita menjadi segambar dan serupa dengan Allah atau menjadi orang yang berguna yang sesuai dengan tujuan Allah.
  2. dalam penderitaan, Tuhan meneguhkan. Meneguhkan berarti Tuhan menginginkan kita tetap teguh dan tidak goyah dalam panggilan kita masing-masing (lihat 1 Petrus 5 :2, 3, 5). Dalam menjalankan panggilan ini diperlukan sikap kerendahan hati dan sikap tidak mementingkan diri sendiri.
  3. dalam penderitaan, Tuhan menguatkan. Kekuatan ada jenis, kekuatan ke dalam dan ke luar. Ke dalam lebih berarti pada kesabaran menanggung sesuatu sedangkan kekuatan ke luar berarti melawan sesuatu. Kekuatan yang dimaksud disini adalah kekuatan keluar, yang dilawan adalah Iblis.
  4. dalam penderitaan, Tuhan mengokohkan. Mengokohkan ini sama artinya dengan analogi yang Tuhan pakai dalam Matius 7 : 24-25, yaitu tetap berdiri, kokoh dan tidak diombang-ambingkan.

Dalam perjalanan 5 tahun GIII Osaka tentu banyak kesukaan, tantangan dan penderitaan yang dihadapi. Tapi melalui semuanya itu, Tuhan memperlengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kita semua untuk kemuliaan-Nya.

Selamat Ulang Tahun GIII Osaka!