Pengkhotbah

Perikop
I Petrus 2 : 9

Ringkasan Khotbah

Banyak orang memiliki pemahaman bahwa Gereja adalah bangunan, sehingga ketika hari minggu orang Kristen berpakaian rapi dan ditanya mau kemana? Ia akan menjawab ke gereja. Gereja yang dimaksud adalah bangunan gereja. Namun perlu dipahami bahwa Gereja yang sejati bukan bangunannya, liturginya, tetapi gereja yang sejati adalah orang percaya.

1 Petrus 2:9 menjelaskan kepada kita bahwa esensi gereja yang sejati di tandai dengan:

1. Allah yang berinisiatif memanggil umat-Nya. ( … Ia yang memanggil keluar…) Kata memanggil menjadi akar dari kata Gereja yang sejati. Dimana Gereja berasal dari kata aslinya Ekklesia “ Ek: Keluar dan Kallew: Memanggil “ maka gereja adalah orang yang dipanggil keluar… hal ini menunjukkan bahwa umatnya yang pasif tetapi Allahlah yang aktif dengan berinisiatif memanggil umat-Nya. Ini dibuktikan dalam kejadian 3. Dimana Allahlah yang datang memanggil Adam dan Yohanes 3:16 “ Yesus Kristus yang datang kedalam dunia diutus oleh Bapa untuk menyelamatkan umat-Nya dan memanggil mereka menjadi umat-Nya “.

2. Menjadikan umat-Nya berpindah status dari gelap ke terang. Pemindahan status ini mengingatkan kita bahwa dosa bukan hanya perbuatan semata “ contoh: mencuri, berbohong dll” tetapi dosa berbicara tentang pemindahan status yang dulunya dikuasai setan / hamba Setan ( hamba dosa) yang dilambangkan dengan “kegelapan” namun kehadiran Kristus menyelamatkan umat-Nya dengan cara kematian-Nya memindahkan umat-Nya kedalam terang-Nya ajaib. Jadi Gereja yang sejati telah memiliki identitas yang baru menjadi hamba Tuhan yang telah di terangi oleh Tuhan dan membawa terang Kristus kemanapun dia pergi. Karena status hidup yang diterangi dan pembawa terang akan mengikuti gereja-Nya kemanapun gereja-berada. Amin