Ringkasan Khotbah

Ada misteri yang tersimpan didalam teks ini, berkaitan dalam persembahan Kain dan Habel. Dimana Alkitab berkata bahwa Persembahan Kain di Tolak dan Persembahan Habel diterima. Namun Alkitab tidak memberikan alasan secara jelas tentang mengapa Kain di tolak dan habel di terima. Sehingga muncul banyak sekali penafsiran tentang hal ini. Namun jauh setelah itu,Perjanjian Baru, penulis kitab Ivrani menjelaskan dalam Ibrani 11:4 bahwa persembahan Habel di terima karena iman. Hal yang kita mengerti tentang persembahan Habel bahwa:

  1. Persembahan Habel di lakukan atas dasar Iman. (Ibrani 11:4)

    Mengapa persembahan harus didasarkan atas iman, sebab Roma 14:23 mengatakan bahwa segala sesuatu yang tidak berdasar iman adalah dosa. Dari sini kita dapat melihat bahwa perbuatan (persembahan) bukan menghasilkan iman, tetapi iman akan menghasilkan perbuatan yang baik. orang yang beriman pasti mewujudkan imannya dalam perbuatan dan salah satu perbuatan nyata disini adalah memberikan persembahan.

  2. Persembahan Habel didasarkan atas pembenaran yang dia terima di dalam perkenanan Allah (Ibrani 11: 4b)

    Bukan karena melalui persembahan yang habel lakukan membenarkan dirinya. Tetapi jika kita melihat dalam Kejadian 4:4, Tuhan mengindahkan Habel terlebih dahulu baru persembahannya. Jadi Pembenaran Allah berikan bagi Habel terlebih baru setelah itu persembahannya di terima.

  3. Persembahan Habel adalah Kesaksian yang terus berbicara (Ibrani 11:4c)

    Persembahan ini adalah kelanjutan dari apa yang pernah terjadi di taman Eden, yang di lakukan oleh Allah untuk menutupi dosa manusia, selanjutnya menjadi suatu ketentuan yang mutlak dalam syarat untuk mendapatkan pengampunan dosa dalam kehidupan agama orang Israel dan semuanya itu berpusat kepada Yesus Kristus (Yohanes 1:29).