Pengkhotbah

Perikop
Amsal 4:23

Ringkasan Khotbah

Hati merupakan sesuatu yang bersifat pribadi, abstrak atau tidak dapat dilihat dan dinilai oleh manusia, namun memiliki peranan yang penting dalam kehidupan pribadi seseorang. Baik dan buruknya pribadi seseorang tergantung kepada hatinya. Dalam Alkitab, banyak menyinggung mengenai hati. Kenapa demikian? Karena hati merupakan sesuatu yang unik, posisinya sangat tersembunyi dan dalam. Sehingga tidak bisa diterka oleh pengetahuan, tidak bisa dimengerti oleh akal dan pikiran manusia. Bahkan diantara kita, Satu dengan yang lain tidak akan bisa mengerti hati masing-masing. Makanya kebanyakan orang mengatakan hati adalah tempat yang aman untuk menyimpan sesuatu. baik menyimpan kebohongan, penipuan, kekecewaan, kejahatan, kebaikan, kebenaran, bahkan kesombongan, dll.

Maka melalui Firman Tuhan hari ini, kita belajar mengapa kita harus menjaga hati.

  1. Karena hati ini adalah tempat dimana Allah selalu berdiam dan otomatis pribadi yang memiliki hati itu ialah milik Tuhan, maka hanya Tuhan yang bisa melihat, menyelidiki hati kita sedalam-dalamnya. (1 Petrus 3:15) “Kuduskanlah Kristus dalam hatimu”.

  2. Karena hati ini adalah sumber obat yang paling manjur (amsal 17:22) jika hati ini kehilangan sukacita damai sejahterah mata efeknya tidak menjadi obat lagi tetapi menjadi racun, virus, dan penyakit yang mematikan yang dapat membusuk sehingga akan mempengaruhi tubuh.

  3. Karena hati adalah cerminan dan menentukan hidup kita yang sesungguhnya, artinya apa yang dialami oleh hati akan di ekspresikan oleh pribadi yang memiliki hati itu. Jika hati jahat maka orangnya pun ikut jahat, kalau ia hatinya baik maka pribadinya pun akan menjadi pribadi yang baik (Amsal 27:19).

Jika hati tidak di jaga maka akibatnya ialah:

  1. Segala yang jahat atau yang disebut sampah akan dengan mudah masuk.
  2. Membiarkan hati dikuasai dengan leluasa oleh iblis dari pada di kuasai oleh Allah.

Hal yang paling susah untuk dilakukan ialah menjaga hati, namun sesulit apapun itu kita tetap memiliki potensi yang kuat dan besar untuk menjaga hati. Firman Tuhan adalah senjata yang ampuh membuat kita mampu menjaga hati dan hidup kita, karena hanya Tuhan yang bisa mengetahui kedalaman hati kita. Firman Tuhan memerintahkan kita agar kita menjaga hati itu karena Tuhan melihat bahwa kita punya kekuatan untuk menjaga, memelihara, mengawasi, merawat dengan rajin hati kita agar tetap bersih, sempurna.


Jagalah, peliharalah, rawatlah pagarilah, hatimu dengan sebaik-baiknya, karena semakin bersih hati membuat kita semakin mengerti bahwa kita adalah milik Tuhan, dan selalu memberikan yang terbaik untuk Tuhan.