Ringkasan Khotbah

Mari kita melihat 3 hal yang menjadi bukti indah dalam pergumulan itu:

  1. Kadang pergumulan membawa kita untuk lebih dekat dengan Tuhan (ayat 1)

    Naaman adalah pahlawan, namun dia sakit kusta. Melalui pergumulan sakit kusta, dia berjumpa dengan Tuhan. Namun dibalik pergumulan itu, Naaman jadi bertemu dengan kuasa Tuhan.
    Janganlah kita melihat pergumulan itu sebagai kekecewaan dan hal yang negatif. Mari kita lihat pergumulan itu sebagai hal yang positif, yang diijinkan oleh Tuhan, dan mari melihat sesuatu yang indah dibalik pergumulan itu.

  2. Pergumulan membawa kita dipakai Tuhan bagi sesama kita dan menyaksikan kuasa Tuhan (ayat 3)

    Gadis yang mengalami pergumulan ditawan oleh Raja Aram, dia memberikan kabar baik mengenai Yesus. Disini kita melihat bahwa, ditengah pergumulan, ia berani bersaksi tentang kuasa Tuhan. Anak kecil ini tidak dapat bersaksi kepada nyonyanya jika dia tidak ditawan, dibalik pergumulannya sebagai tawanan, Tuhan berkarya dalam hidup anak ini dan berguna bagi orang lain.

  3. Pergumulan menunjukkan kualitas hidup orang Kristen (ayat 2-5)

    Meskipun anak ini ditawan, namun ia luar biasa. Dia berani melampaui keadilan, dan berbuat baik kepada orang yang menawannya. Seperti yang ditulis dalam alkitab, orang yang berbuat baik kepada sesama yang menjahatinya, maka orang tersebut sedang menaruh bara diatas kepala orang tersebut. Melalui pergumulannya, ia menunjukkan kualitas hidupnya, sebagai orang Kristen, pengikut Allah.