Pengkhotbah

Perikop
Kejadian 1 : 28

Ringkasan Khotbah

Jika minggu yang lalu, pembahasan mengenai esensi amanat budaya, maka diminggu ini pembahasan dilanjutkan kepada karakteristik amanat budaya. Ada beberapa hal yang perlu di mengerti berkaitan dengan karakteristik amanat budaya.

1. Berkat mendahului Perintah. Dalam Kejadian 1:28 dituliskan bahwa sebelum Allah memberikan perintah untuk beranak cucu, memenuhi bumi, menaklukan dan menguasai bumi, di dahului dengan kalimat “…Allah memberkati mereka…” Demikian juga sebelum Allah memberikan perintah agar Adam memelihara tumbuh-tumbuhan dalam taman Eden, didahului dengan taman dan pohon-pohonan yang sudah di tumbuhkan oleh Tuhan dan itu menjadi makanan manusia. Jadi intinya berkat mendahului perintah. Bukan perintah mendahului berkat.

2. Bersifat universal. Perintah menaklukan bumi dan menguasai binatang, disebutkan dengan populasi, yaitu burung di udara, ikan di laut, dan semua binatang melata yang merayap dibumi. Allah memberikan perintah itu kepada Adam yang mewakili semua manusia untuk menguasai alam dan semua binatang yang tersebut diatas. Jadi tugas ini adalah tugas semua orang, bukan hanya tugas orang percaya. Jika tugas ini hanyalah tugas orang percaya maka perintah ini hanya di berikan kepada Set dan keturunan setelah itu. Namun ini diberikan kepada Adam yang mewakili semua manusia baik yang percaya maupun yang tidak percaya. Dengan demikian dalam tugas memelihara bumi, kita sebagai orang percaya harus bergandengan tangan dengan orang yang tidak percaya (karena sifatnya universal).

3. Merupakan bagian dari Hakekat Manusia. Ketika kita menerima amanat budaya (ayat 28) tidak boleh dilepaskan dari ayat 26. Yaitu di cipta sebagai gambar dan rupa Allah dengan potensi yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Tujuannya agar dengan semua potensi yang ada, manusia dapat menjalankan amanat budaya. Oleh sebab itu amanat budaya tidak dapat terpisah dengan tujuan manusia. Ketika tidak terpisah dengan manusia maka sudah menjadi hakekat yang melekat pada diri manusia. Ketika manusia tidak menjalankan tugas amanat budaya maka ia telah menyangkali hakekat tujuan ia dicipta. Amin