Ringkasan Khotbah

Kita sebagai manusia mempunyai potensi untuk hidup berbuah. Manusia juga pasti memiliki keinginan untuk survive dalam kehidupan ini, bahkan sampai melupakan Tuhan hanya karena terlalu fokus untuk hal tersebut.
Yakub dalam perjalanan kehidupannya ia melakukan strategi untuk survive di dalam hidupnya. Arti nama yakub disamakan dengan seorang penipu, sifat itu bahkan dapat dilihat pada saat dalam kandungan ibunya. Ia menarik tumit Esau ketika lahir menunjukan bahwa ia memiliki target menjadi anak sulung, walaupun ia sudah dinubuatkan, namun ia akan memakai strategi-strategi untuk mencapai targetnya tersebut. (kej 23:20) ketika ia sedang menipu Ishak ia tidak sungkan-sungkan memakai nama Tuhan untuk mencapai tujuannya.
Resiko yang dialami Yakub:
1. Ia menata hidupnya dengan strateginya dan memakai Tuhan untuk kehendaknya. Sebagai gantinya ia harus melarikan diri dari Esau ke Haran. Dan mengalami kemunduran dalam kehidupannya karena dia harus kembali ke Haran. kembali ke tanah dimana Tuhan membawa Abraham keluar.
2. Yakub tidak ada jaminan keamanan, ia menghadapi bahaya yang besar karena terpisah dari kaumnya dan harus pergi sendirian. Ini berbahaya karena hidupnya terancam oleh binatang buas dan perampok.
3. (28:11) ia tidak tahu arah dan tersesat, ia tidak merencanakan perjalanannya dengan baik.
Ini bukanlah suatu keberhasilan bagi Yakub. Lalu Yakub bermimpi (28:12-13) pada terjemahan asli Tuhan berdiri di atas Yakub. Yaitu diatas tangga yang ia lihat menunujukkan bahwa Allah berdaulat dan peduli pada Yakub, agar Yakub berhenti memakai strategi-strateginya untuk menjalani hidupnya. Janji Allah tidak akan pernah pudar walaupun Abraham sudah mati.
Beberapa bukti Allah tetap memelihara Yakub adalah:
1. Allah menunjukkan bahwa Ia adalah Allah yang berdaulat atas umatNya
2. Tuhan tetap berkemurahan kepada Yakub. Walaupun Yakub sudah menipu memakai nama Tuhan. Dengan janji-janjiNya melampaui setiap dosa.
3. Allah setia terhadap Yakub dengan menjaga Yakub, ia tidak pernah bertemu binatang buas ia tidak bertemu dengan penyamun.
Respons Yakub kepada kedaulatan Tuhan
1. (18) Yakub melakukan pengesahan janji Allah. Ia mengikatkan dirinya lebih intim dengan Allah dengan membuat tugu dan mengubahbnama kota Lus (kota perlindungan) menjadi betel (bait Allah) inilah titik pertobatan Yakub.
2. (20-22) ia bernazar kepada Allah dengan walau tanpa tuntutan hukum taurat ia berjanji memberikan sepuluh persen dari hartanya.
Jadi memberikan perpuluhan bukan untuk mendapatkan kembalinya berkali-kali lipat. Namun ini adalah sebagian kecil dari wujud syukur kita atas kedaulatan Tuhan, kemurahan Tuhan, dan kesetiaan Tuhan.
Yoh 1:48-51, Yesus berkata kepada Natanael bahwa malaikat akan turun naik kepada anak manusia yaitu Yesus. Yang dilihat Yakub pada waktu itu adalah anak manusia yaitu Yesus yang akan mati. Marilah kita memberikan dengan hati mengasihi Tuhan bukan untuk strategi-strategi hidup kita.