Ringkasan Khotbah

Sabath itu hari apa? Sabtu atau minggu?

Berdasarkan keluaran 20:10-11, maka hari sabath itu hari ke 7. Hari ketujuh itu tergantung dari kita mulai hitung hari pertamanya dari mana? (Bagi orang Yahudi yang disebut hari pertama itu hari minggu bukan senin. Maka hari ke tujuh itu hari sabtu. Maka sabath itu hari sabtu.) Oleh sebab itu orang Yahudi menguduskan hari sabtu sebagai hari sabath.

Perhitungan pergantian hari orang Yahudi dengan kita sangat berbeda. Kalau kita menghitung pergantian hari atau tanggal maka mulai jam 00:00. Tapi bagi orang Yahudi pergantian hari dan tanggal itu terjadi pada pukul 6 sore. Bagi kita masih jumat 6 sore, bagi mereka sudah masuk hari sabtu atau sabath. Lukas 23:53-54. ( Yesus mati jam 3 sore, persiapan penguburan 1 jam). Maka mendekati sabath itu menunjukkan mau jam 6 sore.

Mengapa mereka tidak mengikuti perhitungan kita jam 00:00 sebagai pergantian hari? Sebab mereka mengacu kepada hari penciptaan.. yaitu jadilah petang dan jadilah pagi.

Setelah kita mengerti hal ini, Jika sabath itu sabtu, mengapa orang Kristen harus beribadah hari minggu?

1. Yohanes 20:1 Yesus Bangkit Hari Minggu. Namun menjadi sebuah pertanyaan adalah kapan Yesus mati? Yaitu pada hari jumat jam 3 sore. Dan berada dalam kuburan 3 hari tiga malam (Markus 8:31, Markus 9:31, Lukas 24:21). Bukankah itu tidak sampai 3 hari jika dihitung? Namun perhitungannya Yahudi mulai dari hari jumat dihitung 1 hari, sabtu 1 hari dan minggu dihitung 1 hari. Dari total 3 hari . Dalam bahasa Yunani penekanan waktu kebangkitan Kristus adalah sangat di tekankan. Thomas Watson: Yesus bangkit pada hari minggu untuk memindahkan sabath dari hari sabtu kepada hari minggu. Matthew Henry: Yesus bangkit pada hari minggu untuk memberikan isyarat bahwa Ia menguduskan hari itu.

2. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid 2 kali pada hari Minggu. (Yohanes 20:19, Yohanes 20:26). 8 hari kemudian Ia menampakkan diri kepada murid-murid lagi. Jadi pertama menampakkan diri kepada murid-murid hari minggu dan selanjutnya hari minggu lagi baru Ia menampakkan diri lagi. Mengapa demikian? Ini menunjukkan bahwa hari minggu adalah hari yang di kuduskan Tuhan bagi murid-murid sebagai waktu pertemua kudus.

3. Hari Ulang Tahun Gereja adalah hari Pentakosta. Merupakan hari pencurahan Roh Kudus (Imamat 23:15-16). Menghitung hari sesudah sabath yaitu waktu kamu membawa berkas persembahan unjukan…). Maka hari sesudah sabath (Yahudi) adalah hari minggu. Maka dalam peristiwa pentakosta (Kisah Para Rasul 2) pencurahan Roh Kudus, hari lahir gereja pada hari minggu.

4. Orang-orang Kristen mula-mula mulai berkumpul pada hari Minggu. (Kisah Para rasul 20:7). “ pada hari pertama dalam minggu itu…” Memecahkan Roti.. perjamuan kudus . I Korintus 16:2; “ pada hari pertama tiap-tiap minggu …” Mulai adanya pergeseran ibadah jemaat mula-mula dari ibadah sabath sabtu ke ibadah hari minggu. Hari Minggu di sebut hari Tuhan. (Wahyu 1:10) “ Pada hari Tuhan aku di kuasai oleh Roh…” dalam bahasa Latin ( Vulgata: terjemahan Alkitab dari bahasa Ibrani ke bahasa Latin) “ Ful In Spiritu in Dominica”. Hari Tuhan — latin : Dominica — Portugis : Dominggo —� Melayu : Dominggu —� Indonesia : Hari Minggu. Jadi Orang Yahudi Beribadah Hari Sabath Sabtu untuk mengingat penciptaan Allah atas seluruh alam semesta, tetapi kita beribadah pada hari Tuhan yaitu hari minggu untuk mengingat pengorbanan penebusan Yesus bagi umat-Nya. Mengingat penciptaan adalah peristiwa besar namun mengingat penebusan adalah peristiwa yang lebih besar. Amin.