Ringkasan Khotbah

Hari ini setiap orang percaya merayakan Hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke surga. Seandainya, Natal, Paskah dan Hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus sedang berdiskusi, Natal akan berbangga hati karena Natal dirayakan dimanapun dengan gegap gempita. Paskah yang tidak mau kalah, juga akan merasa berbangga hati karena walaupun tidak semeriah perayaan Natal, tetapi paskah pun dirayakan dimanapun bahkan terkadang jumlah ibadah kebaktian pun ditambah guna merayakan Paskah. Namun Kenaikan Tuhan Yesus Kristus tidak dirayakan semeriah Natal dan Paskah dikarenakan hari kenaikan Tuhan Yesus biasanya bertepatan di hari kamis hingga minggu.

Namun teks bacaan kali ini, hendak mengingatkan bahwa sebagai gereja hari Kenaikan Tuhan Yesus juga tidak kalah penting bahkan sangat penting. Dibawah ini adalah alasan (makna) mengapa kenaikan Tuhan Yesus begitu penting.

1.Karena kita merayakan bahwa hanya di dalam Yesus Kristus ada kepastian keselamatan ke surga.

Yohanes 14 : 1 secara tersirat menuliskan bahwa murid-murid Yesus mengalami kegelisahan, karena Yesus akan pergi meninggalkan mereka. Namun Yesus dengan tegas menyatakan, ”Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.”

Istilah Allah menunjukkan pada konsep jenis. Manusia juga termasuk dalam konsep jenis. Inilah sebabnya, setiap agama dapat menyebut allah. Namun dalam kalimat selanjutnya dituliskan ”…percayalah juga kepada-Ku.” Artinya, terlepas dari banyaknya allah menurut konsep jenis, namun Allah yang harus dipercayai adalah Yesus Kristus itu sendiri. Mengapa hanya Yesus? Yohanes 14 : 6 menuliskan, ”…Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”  Artinya perbuatan baik atau amal itu tidak akan membawa kita ke surga melainkan hanya di dalam Kristus saja keselamatan itu ada.

2. Karena kita merayakan bahwa hanya Yesus yang menjamin keselamatan kita dan menjadikan kita warga kerajaan sorga.

Yohanes 14 : 2 menuliskan, ”Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.” Ayat ini menjadi jaminan bahwa hanya Yesus yang dapat menyediakan tempat bagi kita di sorga. Ayat ini juga mengingatkan kita bahwa fokus kita bukan pada dunia melainkan hanya pada kekekalan yaitu sorga itu sendiri.

Yohanes 14 : 3 menuliskan, ”Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku…” Mengapa setiap orang percaya harus dijemput Allah, karena tidak ada seorang manusia pun yang dapat datang kepada Allah dengan kekuatannya sendiri. Ingat bahwa perbuatan baik dan amal tidak membawa kita kepada keselamatan melainkan hanya melalui Yesus.

3. Karena kita merayakan kemuliaan yang akan diberikan oleh Yesus Kristus ketika Ia datang untuk yang kedua kalinya.

4. Karena melalui kenaikan Tuhan Yesus ke surga, Ia menjanjikan seorang penghibur yaitu Roh Kudus.

Allah Bapa menyediakan keselamatan. Yesus Kristus mengerjakan karya keselamatan. Roh Kudus menerapkan keselamatan juga menginsafkan setiap orang percaya akan dosa.

Selamat merayakan hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus. Amin.