Pengkhotbah

Perikop
Markus 5:25-34

Ringkasan Khotbah

Mengapa orang-orang percaya tidak lepas dari pergumulan? Karena Tuhan mengijinkan pergumulan tersebut, pasti ada manfaat dibalik pergumulan manusia.

  1. (ayat 27) Tuhan memakai pergumulan sebagai sarana untuk membawa manusia kembali kepada Tuhan. Selain pergumulan pendarahan 12 tahun yang dialaminya, ibu ini juga memiliki pergumulan lain. Pergumulan keuangan (ayat 26) dan pergumulan karena dikucilkan/kesendirian (sakit pendarahan ~ najis).

  2. (ayat 28-29) Pergumulan menjadi sarana untuk pembuktian adanya iman dalam hidup kita.
    Dalam konteks ini perlu diperhatikan bahwa jawaban doa itu tidak bergantung pada diri manusia, melainkan Allah. Iman yang benar adalah percaya dan menerima apapun jawaban Tuhan, meski tidak sesuai kehendak diri sendiri. Iman perlu dibuktikan dengan adanya pergumulan, oleh karena itu pergumulan menjadi sarana pembuktian iman.

  3. (ayat 34) Pergumulan membawa kita untuk menyadari bahwa Tuhan lebih tahu kebutuhan kita daripada diri kita sendiri. Ada tiga poin yang bisa diambil dari perkataan Yesus “Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!”. Perkataan tersebut bermakna bahwa Tuhan tahu kalau wanita itu memerlukan (1) pengakuan sosial (diakui sebagai anak), (2) keselamatan iman, dan (3) kesembuhan.