Pengkhotbah

Perikop
Matius 6:25-34

Ringkasan Khotbah

Jangan pernah mengantungkan hidup ini pada dunia. Karena alkitab sendiri mengatakan, hari demi hari dunia akan semakin menuju kepada kehancuran.

Tuhan sendiri berkata kepada kita untuk jangan khawatir (Ayat 25). Ketika kita khawatir, kita (1) tidak menuruti perintah Allah, dan (2) tidak percaya (meremehkan) terhadap kuasa penyertaan Allah di dalam hidup kita. Berikut adalah alasan mengapa Tuhan bilang kepada kita untuk tidak khawatir:

  1. Tuhan mengatakan kepada kita bahwa hidup itu sendiri lebih penting daripada “suplemen-suplemen” pelengkap hidup (ayat 25)

    Hidup itu tidak ditentukan oleh materi, tapi ditetapkan oleh Tuhan. Jadi jangan menilai/menggantungkan hidup dari materi. Tuhan sudah memberikan hidup kepada kita, terlebih “suplemen-suplemen” hidup itu.

  2. Tuhan tahu keperluan dan kebutuhan kita (ayat 32)

    Tuhan tahu keperluan bunga-bunga dan burung-burung, terlebih diri kita yang merupakan ciptaan yang segambar dan serupa kita (Matius 6:8). Serahkan masa depan dan kekhawatiran kepada Tuhan karena Tuhan yang lebih tahu hidup kita daripada kita.

  3. Kerajaan Allah adalah yang terutama, dan yang lainnya adalah tambahan (ayat 33-34)

    Carilah yang terutama terlebih dahulu, bukan tambahan.