Pengkhotbah

Perikop
Ibrani 2 : 14-16

Ringkasan Khotbah

Semua ciptaan yang telah Allah ciptakan dapat dibedakan menjadi tiga bagian besar yaitu yang bersifat materi, materi yang diisi roh dan roh materi meliputi semua ciptaan tidak termasuk manusia dan malaikat. Materi yang diisi roh adalah manusia dan yang hanya roh adalah malaikat.

Manusia dan malaikat dikaruniakan roh agar berelasi dengan Allah yang adalah Roh (lihat Yohanes 4 : 22-24). Namun dalam relasi tersebut mereka jatuh kedalam dosa sehingga mereka dijauhkan dari hadapan Allah. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa manusia dan malaikat sama-sama jatuh ke dalam dosa, tetapi hanya manusia yang diselamatkan? Mengapa malaikat tidak diselamatkan?

1. Manusia diselamatkan karena manusia dicipta menurut gambar dan rupa Allah (lihat Yesaya 43 : 1-4; Kejadian  1 : 26-27). Sedangkan malaikat tidak dicipta menurut gambar dan rupa Allah. Dengan dicipta sebagai gambar dan rupa Allah maka manusia mewakili Allah ditengah dunia ini untuk menjalankan mandat yang Allah berikan yaitu pro-kreasi dan mengelola dunia (lihat Kejadian 1:28). Oleh sebab itu, manusia harus dipulihkan dari dosa untuk dapat menjalankan mandat Allah tersebut.

2. Manusia diselamatkan karena jatuh dalam dosa didalam kesementaraan sedangkan iblis jatuh dalam dosa di dalam kekekalan. Segala sesuatu yang ada dalam kesementaraan masih mengalami proses perubahan. Maka manusia yang berdosa bisa diproses melalui darah Kristus untuk memiliki keselamatan. Itu berlaku bagi mereka yang percaya. Sedangkan dosa yang berada dalam kekekalan dilakukan oleh malaikat dan tidak bisa berubah. Segala sesuatu berubah hanya ada dalam lingkup ruang dan waktu. Sedangkan kekekalan tidak berada dalam ruang dan waktu.

3. Manusia diselamatkan oleh Yesus Kristus karena manusia jatuh dalam dosa ada penggodanya yaitu iblis (lihat Kejadian 3). Sedangkan Malaikat jatuh dalam dosa tidak ada penggodanya. Maka yang dihancurkan oleh Yesus bukan manusianya tetapi penggoda manusia yaitu iblis. Kita bersyukur, Allah Bapa mengasihi kita manusia sehingga kita diberi kesempatan melalui Yesus Kristus untuk diselamatkan sehingga kita tidak mengalami tempat yang sama dengan iblis yaitu di neraka namun kita mengalami kepastian surga melalui dan bersama Yesus Kristus. Amin