Ringkasan Khotbah

Ketika mengikuti, kita harus fokus mengikuti. Jika kehilangan fokus, maka kita akan tersesat. Seperti mengikuti orang lain dalam menggendarai mobil. Dalam bagian ini ada beberapa hal yang menunjukkan Kaleb mengikut Tuhan dengan segenap hati.

1. Iman, Jujur dan tidak tawar hati

Kisah di Bilangan 13:27 dan Bilangan 14:6-12 menunjukkan kejujuran, iman, dan kesetiaan Kaleb dan Yosua dalam mengikuti Tuhan. Dalam kesulitan apapun, Kaleb tidak membuat orang lain tawar hati, bahkan dia mendorong orang lain.

2. Menanti janji Tuhan dengan ucapan syukur

Bilangan 14:36-38, Kaleb memegang teguh janji Tuhan selama 45 tahun (saat itu umurnya 85 tahun), dia tidak bersungut-sungut.

3. Tetap semangat dan tetap kuat dalam menggapai cita-cita

Kaleb menyadari kalau dia tua, tapi semangatnya kuat dan tidak menghalanginya dalm menggapai cita-cita. Kaleb bercita-cita agar janji Tuhan digenapi dalam dirinya dan keturunannya.


Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari kehidupan Kaleb mengikut Tuhan dengan segenap hati:

  1. Mengikut Tuhan dengan segenap hati, menunjukkan kejujuran, ketulusan, tidak ada kompromi, dan tidak mudah putus asa/tawar hati, dan semua didasari dengan iman kepada Kristus.
  2. Mengikut Tuhan dengan segenap hati, Mengucap syukur kepada Tuhan atas kesehatan, umur yang tiap hari bertambah, serta berkat-berkat Tuhan. Yakinlah bahwa apa yang kau minta dalam Kristus akan diberikanNya jika itu berkenan bagiNya.
  3. Dalam menantikan janji kekal Tuhan, selama kita berada didunia kita terus berkarya bagi Tuhan, berkarya bukan hanya untuk kepentingan sendiri tapi berkarya bagi mereka membutuhkan kita, terus berupaya bekerja keras selama kekuatan diberikan Tuhan, dengan tetap setia mengikut Tuhan sampai pada waktuNya.