Ringkasan Khotbah

Peristiwa Pentakosta yaitu turunnya Roh Kudus  ke atas murid-murid Tuhan Yesus merupakan permulaan dari pekerjaan gereja untuk menjadi saksi-Nya (Kis. 1:8).  Khotbah minggu ini membahas lebih jauh lagi apa peran Roh Kudus dalam dunia ini?

1)  Peran secara umum, yaitu menaungi dan memelihara dunia ini tetap baik (Kej. 1:1-2).  Alam semesta dan sistem tata surya tetap terjaga secara seimbang dan harmonis oleh karena peran Roh Kudus.  Dan sistem pemerintahan, adat istiadat dan norma yang baik adalah berasal dari Allah.   Matahari pun bersinar tidak hanya bagi orang baik saja tetapi juga untuk orang yang jahat, tanpa ada perbedaan.

2)  Peran secara istimewa, yaitu Roh Kudus bekerja dalam umatNya.  Contohnya adalah lahir baru (Yoh. 3:3-5).  Roh Kudus menjadi penolong dan penuntun kita untuk mengetahui segala kebenaran tentang Allah Bapa, setelah Tuhan Yesus naik ke Surga (Yoh. 14-16).  Dan peran Roh Kudus secara khusus ini dapat dilihat dari dua dimensi yang saling melengkapi:

a) Secara oknum/intern.  Ada hubungan antara dua oknum yaitu manusia dan Allah yang menyebabkan pertobatan dan kelahiran baru, yang kemudian menghasilkan buah Roh (Gal. 5:22-23).

b) Secara eksternal.  Orang-orang percaya dipanggil untuk menjadi saksiNya (Kis. 1:8)