Pengkhotbah

Perikop
Mazmur 19 : 1-5

Ringkasan Khotbah

Apa peran manusia dan peran ciptaan lain dalam hal ini?

Contoh : Apa beda orang barat, india, indonesia ketika bertamu dan kebetulan hujan? Orng barat pakai barang yang ada sebagai tadahan, orng indo tidak perduli dan trus ngobrol, tetapi orng india bergoyang dan bernyanyi. Disini kita bisa lihat bahwa setiap orang punya respons yang berbeda.

Peran manusia adalah melihat keajaiban dan ciptaan yg lain DAN bisa melihat keagungan Tuhan Allah.

Alam memuliakan tuhan dalam peran dan  keberadaan nya dan berjalan dalam keteraturan nya. suatu pohon tidak hanya sebagai ciptaan biasa tetapi membiarkan manusia bisa berkarya di dalam nya dan bisa mengembalikan kemuliaan Tuhan.

Tapi apakah manusia bisa memuliakan Tuhan dalam peran nya? Kalau tidak, kita kalah dengan alam.

Ada 2 tipe manusia : Manusia percaya dan tidak percaya.
Dalam roma 3:5, ada 2 hal yg Tuhan ingin sampaikan yaitu : Kebenaran Allah dan kekudusan Nya.

Perbedaan bagi orng percaya, dengan ciptaan dan orng tidak percaya yaitu “MENIKMATI ALLAH”. Orng percaya boleh menikmati hidup ini tapi tujuannya bukan kenikmatan itu sendiri tapi memuliakan Tuhan. Hal ini berbicara tentang afeksi kepuasan dalam Tuhan.

Dalam mazmur 73:25-26, berbicara tentang pengenalan akan Allah dan pengalaman bersama Tuhan.

Bagaimana orng percaya dapat menikmati Allah : 1) Punya hubungan yang intim bersama Tuhan, dimana bisa dilihat dalam doa kita pada Tuhan. 2) Ingat bahwa kita adalah gambar Allah, dimana gambar ini mengingatkan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa Tuhan karena kerentan an kita. 3) harus ingat bahwa tujuan kita bukan kenikmatan itu sendiri tetapi menikmati hidup DAN HARUS mengaitkan nya dalam TUHAN.

dirangkum oleh,
sdr.Bobby Hizkia