Pengkhotbah

Perikop
2 Sam 5 : 17-25

Ringkasan Khotbah

relasi dlm Tuhan bukan hanya sekedar mengenal Tuhan lewat prngetahuan, tetapi jg mengalami restorasi dalam hidupnya karena bergaul erat dengan Tuhan.
2 sam 5:21
Tujuan Daud dan org2nya mengangkat berhala org filistin adalah utk menawannya. dewa ditahan berarti peperangan israel dan filistin bukan sekedar peperangan fisik tetapi jg peperangan rohani.
Daud pergi ke kubu pertahanan bukan utk mengambil senjata, tetapi Daud bertanya kepada Tuhan (2 sam 5:19). jadi rahasia utk mengenal Tuhan yaitu keintiman dengan Tuhan, dengan cara bersekutu dengan Tuhan yg dilandasi oleh doa dan membaca firman Tuhan.
inti ibadah: kehadiran Tuhan dan kehadiran kita di dalam ibadah.

yang daud tanyakan kepada Tuhan:
bolehkah ia menyerang musuh
akankan Tuhan menyerahkan musuh ke dalam tangannya? berarti Daud mengerti kemenangan datangnya dari Tuhan,sehingga tidak menjadi potensi bagi kita untuk menyombongkan diri. daud jg meyakini kedaulatan Tuhan. (2 sam 5:20)

2 sam 5: 19, 23
dalam 1 momen, daud bertanya kepada Tuhan sebanyak 2 kali dan jawaban Tuhan tidak selalu sama. teruslah mencari kehendak Tuhan. Tuhan memimpin kita dgn caraNya sendiri

2 sam 5: 25
Daud berbuat sesuai dengan strategi Tuhan.

2 sam 5: 24
mengapa Daud masih harus berperang padahal Tuhan sudah berperang di depan mereka yang pasti akan menang? Karena ada bagian Tuhan dan ada bagian kita yang harus kita kerjakan.

dirangkum oleh ibu Ferty