Pengkhotbah

Perikop
Ibrani 12 : 1-3

Ringkasan Khotbah

Ibrani 12:1-3
John Stephen Akhwari tercatat dalam sejarah olimpiade. Pelari dari Tanzania ini menyelesaikan perlombaan dalam keadaan luka para. Ia menyatakan bahwa ia bukan lah hanya memulai perrlombaan tersebut, namun juga harus menyelesaikan perlombaan tersebut.
1. Hidup kita mempunyai tujuan, pada ibrani 12:1 dikatakan karena kita mempunyai banyak saksi. Ibrani 11:39-40 saksi itu merupakan tokoh-tokoh iman sebelum jaman ini. Namun tanpa kita mereka tidak dapat kesempurnaan. Jadi dikatakan bahwa generasi perjanjian baru (termasuk sekarang) menggenapi keimanan mereka. Kita meneruskan tongkat estafet mereka. Keintiman dengan Tuhan akan mengudukan dan membentuk karakter hidup kita. Sehingga kita makin serupa dengan Kristus dan dapat melanjutkan tujuan dari hidup kita.
2. Kita mempunyai inspirasi (12:1) inspirasi kita adalah para saksi iman. Orang-orang yang telah menyelesaikan bagiannya dan telah menang. Dan mereka sekarang sedang menyaksikan kita melanjutkan perlombaan.
3. Dalam hidup ada banyak hambatan (12:1-3) disebutkan pada ayat ini banyak hinaan dan bantahan, pada ayat 1 dikatakan untuk menanggalkan beban dan jadikanlah Tuhan sebagai tujuan hidup kita dengan itu kita mendapatkan jaminan kemenangan dan tidak menjadi lesu dan menyerah dalam perlombaan ini.

dirangkum oleh bpk.Matius