Pengkhotbah

Perikop
Efesus 2 : 10

Ringkasan Khotbah

Alasan Kita memuliakan Allah

1. Karna kita ini Buatan Allah (ay. 10a). Buatan adlah ttg Kepemilikan, yg artinya kita dibuat oleh Allah jdi Kita adalah Milik Allah. “Buatan” dlm bhsa Yunani yaitu “Poema” artinya Penjunan yg sdg membuat tenunan yg indah sbg Maha Karya Allah, sehingga kita sangat berharga/ bernilai bgi Allah. Hidup yg berharga ini bertujuan utk mempermuliakan Allah, shingga kita tidak boleh memakai/ menjalani hidup kita semahu kita sendiri karna hidup kita bukan Milik kita tapi Milik Tuhan.

2. Karna kita diselamatkan oleh Tuhan didlm Iman. Cipta (Kitso= diproses menjad Milik Allah). Ef. 2:5-6 Saat kita berada dlm kematian akibat Dosa, melaui kebangkitan Kristus dlm Karya Keselamatan maka kita dihidupkan kembali menjadi Maha Karya Allah. Dlm Maz 8, manusia berharga dimata Allah. Tuhan mencipta manusia sbg Maha Karya Nya & Tuhan mau dtg ke dlm dunia bukan utk menebus alam semesta tpi hanya utk menebus manusia yg berdosa ini.

3. Karna Allah lah yg mengerjakan pekerjaan baik didlm kita (ay. 10c). Saat kita sdah diselamatkan, Roh kudus mengerjakan pekerjaan baik didlm diri kita melaui buah Roh sbg kesaksian kita agar Kristus dipermuliakn (Gal 5:22-23).

dirangkum oleh,
sdri. Alentina Laubase