Ringkasan Khotbah

Allah mencipta rumah tangga dalam keunikan karena berbeda dengan ciptaan yang lain. Perbedaannya terletak pada beberapa hal.

1. Allah mencipta rumah tangga dalam rancangan kekekalan (Kejadian 1:26) baru diwujudkan dalam dunia. Sedangkan ciptaan yang lain langsung dicipta dalam dunia.

2. Allah mencipta keluarga dengan tangan dan nafas-Nya sendiri (lihat Kejadian 2 : 7). Sedangkan ciptaan lain hanya dengan Firman-Nya.

3. Allah mencipta rumah tangga dan diberikan mandat yaitu Prokreasi (beranak cucu) dan menguasai serta mengelola bumi (lihat Kejadian 2 : 18).

4. Allah mencipta rumah tangga ketika manusia belum jatuh ke dalam dosa.

Dengan demikian maka dapat dipahami bahwa rumah tangga adalah lembaga yang sangat istimewa dihadapan Allah dibandingkan dengan ciptaan yang lain oleh karena 4 hal diatas. Doa dan harapan kita bahwa rumah tangga kita terus memuliakan Allah dengan menjaga keintiman dengan Allah serta menghadirkan Allah dalam setiap kesempatan hidup yang Tuhan percayakan dan juga dapat mempersiapkan generasi yang Allah percayakan bagi kita ditengah-tengah rumah tangga agar mereka terus hidup dalam takut akan Tuhan dan dapat mengaktualisasikan potensi hidup mereka sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki demi untuk kemuliaan nama Tuhan. Amin