Pengkhotbah

Perikop
Lukas 1 : 5-25

Ringkasan Khotbah

Ketika orang melihat sepintas tentang thema ini mungkin mereka berpikir bahwa ujung dari thema ini adalah Tuhan menjawab doa dari Zakharia dan Elizabeth dalam masa tua mereka dengan memberikan Yohanes pembaptis.

Namun penekanan kali ini adalah bahwa kita ditempatkan Tuhan di dunia ini pasti punya maksud yaitu mengerjakan Agenda Tuhan. Maka setiap kesempatan harus di lihat sebagai Waktu yang indah.

Zakharia dan Elisabeth memberikan contoh itu bagi kita.

1. Mereka melihat bahwa waktu pelayanan adalah waktu yang indah dari Tuhan. Suami istri ini adalah keturunan harun dari rombongan Abia. Mereka setia melayani Tuhan sampai masa tua. Namun di dalam melayani Tuhan. Mereka di izinkan Tuhan mengalami suatu pergumulan yang dianggap aib di tengah masyarakat (ayat 25) yaitu tidak punya anak. Namun pergumulan ini tidak pernah mengendorkan semangat mereka melayani Tuhan. Bagi Zakharia dan Elisabet setiap waktu adalah waktu untuk melayani Tuhan. Sehingga mereka walaupun berdoa minta anak, namun Tuhan belum memberi itu tidak menjadi alasan untuk mereka melepaskan pelayanan yang ada.

2. Doa mengajarkan kita untuk menyesuaikan waktu dan kehendak kita dengan waktu dan Rencana Tuhan. Ketika kita berdoa, kita meminta agar Tuhan menjawab kita. Namun seringkali kita menuntut Tuhan menjawab sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bagi Zakharia dan Elisabeth berdoa minta anak adalah kebutuhan. Namun di dalam doa mereka mengerti waktu Tuhan. Sehingga dalam masa tua mereka tidak lagi meminta anak kepada Tuhan karena kondisi lanjut umur.(mereka tidak ngotot untuk Tuhan beri apa yang mereka mau dalam masa muda walaupun itu kebutuhan). Dalam masa tua dalam ketidakmengertian dan ketidaksanggupan mereka tetap menerima jawaban Tuhan dalam memberikan Yohanes Pembaptis melalui kandungan Elisabeth.

3. Mereka mengerti waktu yang indah adalah ketika menyerahkan Yohanes sepenuhnya untuk melayani Tuhan. Ketika Yohanes menjadi besar Zakharia dan Elisabeth menyerahkannya kepada Tuhan, untuk melayani Tuhan sampai akhir hidupnya. Amin.