Pengkhotbah

Perikop
Roma 5:1-11

Ringkasan Khotbah

Status Kita Dihadapan Allah ( Roma 5:1-11)

1. Status sebagai orang durhaka sebelum ditebus oleh Yesus Kristus (Roma 5:6).
Dosa bukan hanya berbicara tentang perbuatan manusia yang melanggar perintah Allah tetapi dimulai dari status manusia yang jatuh ke dalam dosa (Kej. 3).

2. Proses perubahan status manusia yang berdosa dari durhaka menjadi anak-anak Allah yang dikerjakan oleh Yesus Kristus diatas Kayu Salib melalui proses: Dibenarkan, didamaikan dan diselamatkan (Roma 5:9-10).

3. Akibat dari proses dibenarkan, didamaikan dan diselamatkan adalah manusia hidup dalam damai sejahtera ( Shalom)– utuh secara batiniah dan rohaniah. Namun shalom bukan berarti tidak ada penderitaan, ( Roma 5:3-4) Penderitaan harus ada supaya kita tekun, tahan uji dan memiliki pengharapan yang tidak mengecewakan.  Mengapa di dalam Tuhan ada pengharapan yang tidak mengecewakan?  a) Karena Ia sudah membuktikan kasihNya bagi kita ketika kita masih berdosa, apa tak lagi ketika kita sudah menjadi anak-anak Allah, b) Ada pengharapan karena ada janji. Janji dari Tuhan adalah janji yang pasti karena Tuhan tidak pernah mengingkari janjiNya.