Pengkhotbah

Perikop
1korintus 13:1-3

Ringkasan Khotbah

Tanpa Kasih semuanya tidak berguna
1korintus 13:1-3

Karunia tanpa kasih adalah sia-sia adanya.
Jemaat di Korintus sangat menyukai hal-hal yang kelihatannya rohani sehingga mereka berusaha mengejar semuanya itu.
tetapi ketika mereka melakukannya mereka melupakan hal yang esensial, yaitu “kasih”.

3 hal penekanan penting pada konteks ini:

– berkaitan dengan ayat pertama, walaupun memiliki karunia berbagai bahasa (termasuk bahasa roh), namun jikalau tidak mempunyai kasih sama saja dengan tidak ada apa-apanya.

– dalam ayat ke-2, walaupun memiliki pengetahuan ilahi dan iman yang hebat tapi tanpa kasih, sama sekali tidak ada manfaatnya.
banyak orang “jaman now” bukan bersaksi tentang Kristus melainkan tentang pengalaman-pengalaman rohani yang spektakuler, sehingga mereka dapat menunjukkan bahwa mereka lebih rohani.
Paulus sudah memiliki banyak pengalaman rohani, namun ia tetap mengutamakan kasih. bahkan walaupun dia mempunyai iman yang dapat memindahkan gunung sekalipun tanpa kasih semuanya itu adalah percuma di mata Allah.

– pada ayat ke-3, dalam refleksi pelayanan paulus mengkaitkan semua berkat karunia dengan dengan kasih, maka dikatakan tindakan yang besar tapi tanpa kasih tdk berguna apa-apa.

Tindakan yang besar dibagi 2:

1. yang pertama membagi2kan segala sesuatu yg kita miliki kepada orang lain sampai kita tidak memiliki apapun sekalipun, namun tanpa kasih sama sekali tidak ada faedahnya.

2. walaupun engkau memberi dirimu dibakar sekalipun utk orang lain tapi tanpa kasih itu tidak ada faedahnya. karunia roh, pengetahuan ilahi, ada demonstrasi tindakan yg spektakuler dan sebagainya, tetapi paulus katakan tanpa ada kasih semuanya tidak ada apa-apanya.
Banyak gereja mendemonstrasikan kuasa Allah tanpa kasih Allah mereka tentunya mereka mendapatkan pujian dari manusia. tapi dihadapan Tuhan mereka tidak ada apa-apanya karena mereka melupakan “kasih” itu. oleh karena itu Paulus menyanjung tinggi kasih.

segala sesuatu harus dilandasi oleh kasih (1 yoh 4:8).
Allah adalah kasih. maka kalo kamu punya karunia rohani, punya pengetahuan yang hebat, kamu punya iman yang spektakuler, punya demonstrasi tindakan yang hebat tapi kalau kamu membuang kasih dr hidupmu kamu juga sudah membuang Allah dalam hidupmu.
maka dari itu kita harus mengejar kasih karna kasih itu bagian dari diri Allah. jangan sampai hal-hal rohani yang kita kejar justru menjadi batu sandungan ditengah-tengah kehidupan jemaat Tuhan.

Allah adalah kasih. dimanapun kita berada mungkin kita dipakai luar biasa. mari kita landaskan segala sesuatu dengan KASIH agar Allah senantiasa ada bersama dengan kita.
Jikalau Allah bersama dengan kita, maka kita tidak akan pernah mengangkat diri kita lebih tinggi daripada Allah, karena hanya Allah adalah satu-satunya pribadi yang boleh kita sembah .
Semua karunia dan perbuatan yang kita lakukan bukan dipakai untuk menyombongkan diri tapi untuk meninggikan Allah.