Pengkhotbah

Perikop
Yesaya 6:9-13

Ringkasan Khotbah

Yesaya 6:9-13

Pengharapan di tengah tantangan
Yesaya mendapatkan dilema ketika Tuhan menyampaikan rencananya untuk membinasakan Israel. Ada 3 pergumulan yang dihadapi Yesaya ketika ia diutus Tuhan
1. Yesaya 1:10 Tuhan sedang berbicara dengan kerajaan Yehuda dan menyamakan mereka dengan bangsa sodom dan gomora, mereka tegar tengkuk. Namun selama Tuhan tidak memalingkan wajahNya dari bangsa ini, bangsa ini masih memiliki pengharapan. Yaitu dengab diutusnya Yesaya. Inilah tantangan bagi Yesaya karena ia harus datang kepada bangsanya sendiri yang tegar tengkuk untuk mengabarkan firman Tuhan.
2. Yesaya 6:9-10 Yesaya datang bukan supaya bangsa Yehuda bertobat. Namun menjadi semakin tertutup. Inilah tantangaan berita injil bagi Yesaya
3. Yesaya 9:11-13 Yesaya ditantang oleh waktu. Pada saat Tuhan bernubuat tentang Israel atau kerajaan Yehuda ia bertanya kepada Tuhan dalam kesedihan “berapa lama?”. Hal ini terjadi di tahun 500 sebelum masehi ketika kerajaan babel menghancurkan Yerusalem dan bait suci oleh Nebukadnezar.

Namun Tuhan masih memberikan pengharapan dan penghiburan kepada Yesaya terkait dengan pengutusannya ke Yehuda.
Yesaya 9:13 dilanjutkan dengan berita pengharapan yaitu tunas kudus. Tuhan memberikan pengharapan kepada Yesaya bahwa dari pembinasaan bangsa Yehuda masih akan tersisa orang-orang yang kudus dan dipelihara oleh Tuhan dan tidak akan habis.