Pengkhotbah

Perikop
Yesaya 9:1-5

Ringkasan Khotbah

Kebaktian minggu ini adalah Ibadah Natal dengan tema “Terang Natal adalah terang-ku”, terambil dari Kitab Yesaya 9:1-5.  Kitb Yesaya kerap kali disebut sebagai Injil ke-5, di mana nubuatan-nubuatan paling banyak dikutip di sini.  Salah satu nubuatan yang tercatat dalam kitab Yesaya ini adalah tentang kedatangan Yesus Kristus.  Yesaya 9:5 mencatat janji dan rencana Allah bahwa seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita, dan ini telah terjadi dalam sejarah dunia ketika Yesus lahir di Bethelem lewat perawan Maria.

Terang di sini dapat memiliki tiga arti:

  1. Waktu itu bangsa Israel sedang berada dalam pengasingan di Babylonia, dan kehadiran Sang Terang merupakan keselamatan bangsa Israel dari penindasan dan pengasingan di Babylonia.
  2. Dunia ini juga sedang berada dalam jeratan dosa dan kuasa maut sehingga setiap orang harus mengalami kematian dan kebinasaan.  Kehadiran Sang Mesias merupakan keselamatan bangsa-bangsa di dunia ini dari kuasa dosa/maut.
  3. Bumi ini hanya sementara dan akan dibinasakan suatu hari.  Kehadiran Sang Juruselamat membawa kita untuk kehidupan baru dan manusia yang kekal dalam Allah.  Tugas ini yang awalnya diemban oleh bangsa Israel dan lalu diteruskan oleh orang-orang percaya sebagai gerejaNya.

Keselamatan bagi bangsa Israel dapat kita lihat dalam Yesaya 9:1.  Bangsa Israel yang sedang berada dalam kegelapan dalam pengasingan di Babylonia dan sekarang telah melihat terang yang besar.  Dalam sejarah mereka akhirnya dilepaskan dari pengasingan di Babylonia lewat serangan Persia ke Babylonia.  Hal ini membawa sorak-sorai dan sukacita yang besar bagi bangsa Israel.

Nubuat kedatangan Sang Mesias untuk keselamatan dunia ini dari kuasa dosa/maut dapat kita lihat dalam Yesaya 9:5.   Kita juga dapat menemukan Tuhan Yesus sebagai Terang dalam Perjanjian Baru (Yoh. 1:4-5, Yoh. 8:14).  Anak/putera yang diberikan oleh Allah kepada kita ini disebut sebagai:

  • Penasihat Ajaib.  Peran penasihat ini sangat penting bagi suatu kerajaan.  Kita dapat melihat tentang pentingnya peran Penasihat dalam Amsal 11:14, 15:22, 24:6.
  • Allah yang Perkasa.  Tuhan Yesus telah menyatakan kuasaNya atas gangguan roh jahat, sakit penyakit, dan kuasa maut lewat kebangkitan orang mati.
  • Bapa yang Kekal.  Dalam sejarah dunia, Tuhan Yesus juga merupakan orang pertama yang bangkit dari kematian menuju kehidupan kekal.
  • Raja Damai.