Ringkasan Khotbah

Setiap manusia dibawa kolong langit ini diliputi oleh namanya kekuatiran. Mengapa mereka kuatir? Karena mereka menyadari bahwa setia kehidupan yang di jalani belum tentu aman. Semua berada dalam kemungkinan berjumpa dengan ancaman yang sewaktu-waktu dapat membahayakan nyawanya bahkan membinasakan. Oleh karena itu, kebutuhan rasa aman dan tentram bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan yang fital dan penting.

Perang, kelaparan, kemiskinan, penindasan, kekacauan, pembunuhan,mketidakpastian masa depan, pendidikan rendah, gaji sedikit, kualitas rendah, latarbelakang keluarga yang tidak mampu dll. Saya tidak tahu apa yang membuat kita masing-masing merasa jiwanya tidak tenang.

Tidak heran banyak dari antara anak manusia mulai mencari perlindungan baik kepada roh-roh jahat, mencari perlindungan kepada hewan, perlindungan kepada kekayaan, perlindungan kepada kekuatan manusia, militer, kepintaran, dll.

Apa yang menjadi rahasia bagi Daud sehingga dia merasa tenang?

1. Daud memiliki cara hidup yang terpuji, (Mazmur 131:1)

Daud memiliki cara hidup yang sederhana: (cukup). Daud merasa cukup dengan keberadaan dirinya. Cukup artinya tidak serakah, tidak mengambil apa yang bukan haknya.
– Tidak tinggi hati : rendah hati
– Tidak sombong : kesempatan untuk membunuh Saul tetapi tidak di pergunakanya.
– Tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar : apa adanya sesuai kapasitas
– Tidak mengejar hal-hal yang terlalu ajaib : ada mujizat atau tidak tidak pengaruh bagi iman.

2. Pengharapan kepada Tuhan selamanya (Mazmur 131:3)

Pengharap Daud hanya kepada Tuhan. Daud sadar semua manusia, sahabat yang ada didekatnya bukan jaminan adalah sahabat yang baik. (Mazmur 41:10). Sahabat karib bisa menjadi musuh. Maka kita harus hati-hati, Tuhan Yesus juga memiliki pengalan itu. Yudas Iskariot mengangkat tumitnya melawan Tuhan Yesus.

Mengandalkan Tuhan adalah hal yang tidak bisa di jual. Yeremia 17:5-6. Tetapi berbahagialah orang yang mengandalkan Tuhan. Yeremia 17:7-8.

3. Tuhan penjaga yang setia (Mazmur 121:2-8)

Keyakinan akan eksistensi Tuhan Allah Israel yang dipercayai oleh Daud adalah hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap kita. Daud kurang apa? Dia raja, kaya raya, banyak hartanya, banyak prajuritnya, pintar dan berhikmat, memiliki kuasa yang besar dari sungai Mesir samapai sungai Efrat bagian utara sampai Turki. Perlengkapan dan perbekalan senjatanya sangat banyak.

Bagi Daud kekayaan, kepintaran, kehormatan, prajurit, persenjataan, kadeudukan raja, kemegahan dunia hanyalan kulit luar (kesing), hanya kotak pembungkus harta karun, hanyalah foto. Bagi Daud Tuhan adalah harta karun itu menjadi prioritas. Bukan kotak tempat harta karun. Banyak orang kristen suka kitaknya, memiliki kotaknya suda puas, berhenti sampai disitu bahkan tidak berhasrat memiliki harta karun itu.

Maka di ayat 6 pasal 121, matahari dan bulan tidak menyakiti Engkau Tuhan. Matahari boleh terbit boleh terbenam silahkan, bulan boleh datang boleh tidak. Tetapi Tuhan Allah Israel tidak terpengaruh eksistensinya, kehadiranya. Proteksinya kepada Daud selalu on, mau malam, siang ada matahari atau tidak ada bulan atau tidak, Tuhan penjagaku tidak pernah tertidur dan terlelap. Dia akan menjaga keluar masukmu mulai sekarang sampai selamanya.