Ringkasan Khotbah

Kita memahami bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yg senantiasa dan kadang di Sakiti oleh orang israel, tetapi Tuhan adalah Allah yg tidak pernah meninggalkan kasih setiaNya bagi bangsa israel sekalipun disakiti dan jauh dari Tuhan.

Pada
Pemerintahan raja raja israel sampai pada raja omrin, bangsa israel menyakiti hati Tuhan(1). Tetapi anak omrin yaitu ahab lebih menyakiti hati Tuhan karena mengambil isabel menjadi istrinya. Isabel adalah anak raja zidon Yang memiliki banyak sekali Nabi palsu dan Baal Baal Dan juga isabel adalah pelaku penyembahan berhala. Sedangkan Tuhan sudah Menegaskan agar raja raja israel jangan mengambil istri dari pada bangsa kafir. Selain itu ahab sendiri juga membangun Baal dan kuil yg dibangun disamaria ibukota israel . Sedangkan di Samaria di gunung gerisim bangsa israel sudah membangun bait Allah (Allah cemburu/disakiti).

Atas tindakan ahab dan bangsa israel yg harusnya mendekat kepada Tuhan tetapi malah menjauh dari pada hati Tuhan . Tuhan marah karena disakiti,
Akan tetapi ketika hati Tuhan disakiti Tuhan tidak pernah jauh dan tidak membuang umatNya. Tuhan mengutus Elia untuk memberitakan Injil dan menegur ahab. Sikap Tuhan mengutus Elia sebagai bukti Tuhan senantiasa ada bagi UmatNya.

1. Ketika hati Tuhan disakiti bkn berarti Tuhan jauh malah tetap ada bagi umatnya. Yaitu dengan mengutus Elia.

2. Tuhan menahan berkat bagi umatNya. (1)
Elia berdoa tidak ada hujan pada tahun tahun ini .Tuhan menegur dgn menahan hujan (yakobus 5:6).
Kenapa hujan? Karena Kebutuhan hujan adalah penting utk pertaniaan pada saat itu ( bagian penting dalam kehidupan) .
Ketika Tuhan menahan bagian penting dari hidupmu (berkat Tuhan), manusia tidak berdaya. Dan ini adalah Bukti kasih setia Allah walaupun kelihatan menyakitkan tetapi Tuhan menegur umatNya agar kembali kepada kebenaran dan kembali kepada hati Tuhan.

3. Tuhan selalu ada bagi Elia ketika Tuhan mengutus Elia kepada ahab(3).
Elia adalah hamba Yang taat dan Elia tidak takut untuk menegur raja ahab karena Tuhan yg melindungi dan bersama (berperang bagi Elia). Memerintahkan Elia ke sungai kerit (sungai tersembunyi/diasingkan). Ini adalah intervensi Allah untuk memelihara Elia.

4. Setiap tempat yg Tuhan berikan pasti adalah rencana Tuhan,dan Kasih Tuhan diluar pikiran manusia.
ketika kita taat dan setia dengan Tuhan Apapun konsekuensi nya manusia tidak akan pernah keluar dari perlindungan dan berkat Tuhan. Pemeliharaan (profedensia) Allah ada saat kita taat kepada Tuhan.

5. Panggilan Tuhan, adalah kemurahan Tuhan. Ketika Tuhan perintahkan dan Tuhan menuntun kita pada suatu Tugas dan kita melihat beban dan konsekuensi disana, jangan takut karena jika kita taat kepada Tuhan akan berperkara dan beban itu adalah menjadi beban Tuhan. Karena Tuhan Yang akan berkarya dalam hidup kita.

Mari berdiri teguh dan tetap setia karena Tuhan yg berkarya dan menunjukkan anugerahnya bagi kita.
Kerja kan Lah keselamatanmu
Dan isi lah dgn Nilai nilai kekekalan untuk menyenangkan hati Tuhan karena Tuhan sudah lebih dulu mengasihi kita.
Kita harus memahami Bukti cinta dan kasih Tuhan yaitu Tuhan selalu ada dengan menegur dan memberikan berkat anugerah kepada umatNya.

dirangkum oleh,
sdri. Seriocha Silalahi