Ringkasan Khotbah

Perbedaan berserah dengan nekat adalah berserah berarti menaruh harapan kepada Tuhan, tetapi nekat adalah melakukan dengan kekuatan sendiri.

Kalau berserah, selalu ada harapan, iman membawa kita tetap percaya kepada Tuhan tetapi terserah/pasrah sudah tidak ada harapan.
Kita sering memandang Tuhan sering terlambat dalam menjawab doa kita, walaupun kita berseru2 kepadanya.
Seperti Elia yg disertai Tuhan kemanapun ia pergi, ketika ia disuruh pergi ke sarfat, ia memakai janda untuk memberi ia makan,
janda itu miskin dan ia tidak punya apa-apa untuk dimakan. Ketika kita dalam pergumulan sekalipun, seringkali kita tidak mampu melihat tangan Tuhan bekerja, dan kita tidak mau jadi berkat. Tuhan menanamkan iman kepada kita, iman tidak tunduk dalam kekurangan, iman melampaui pergumulan kita, dan menyadari kita punya Tuhan yang besar. Iman mampu melihat bahwa ketika kita taat mengikuti apa yang Tuhan mau, kita akan melihat Tuhan berkerja. Tuhan tidak pernah terlambat memelihara hidup kita. Dan kita orang yang percaya tidak pernah kekurangan.
Prinsip Tuhan tidak akan terlambat:
1. Kekurangan/ pergumulan tidak menyebabkan kita tidak taat kepada Tuhan.
2. Lakukan dengan iman. Ketika iman bekerja, Tuhan punya banyak cara untuk memelihara kita, dan Ia tidak akan mengorbankan hidup kita. Motivasi kita mengikut Tuhan, tugas kita setia kepada Tuhan. Cara Tuhan menolong kita tidak selalu sama dan menyenangkan. Iman tidak membawa kita putus asa dan tawar hati, menyerah dengan keadaan.
3. Pergumulan yang besar adalah hidup dan mati. Dalam Pergumulan janda sarfat pun, Tuhan bekerja. Setiap perkataan Tuhan mengalir kuasa Allah. Firman ada kuasa pembaharuan transformasi. Setiap pertolongan Tuhan membuat kita lebih sungguh percaya pada Tuhan. Tanpa masalah dan pergumulan, kita belajar untuk terus beriman dan percaya dan bertumbuh dalam Tuhan. Tuhan mengajarkan proses, dan Tuhan tidak pernah terlambat.

Amin