Ringkasan Khotbah

Bagi banyak orang nama tidak memberikan pengaruh atau pengertian apa-apa dalam kehidupan pribadi seseorang, sehingga seringkali terdengar ungkapan “apa arti sebuah nama”. Namun hal ini tidak berlaku bagi orang-orang Yahudi, sebab bagi mereka nama menunjukkan jati diri mereka. Sebagai mana yang akan dibahas dalam teks ini. Mengapa Allah mengubah nama Yakub menjadi Israel? Apa faedahnya dengan perubahan nama tersebut.

  1. Allah ingin merubah kebiasaan yakub yang artinya dari Penipu menjadi Israel yang artinnya “mempunyai kekuatan dengan Allah” atau pejuang Allah

    Arti nama Yakub sebagai penipu itu dibuktikan sejak dari kandungan dengan cara ia lahir dengan memegang tumit Esau kakaknya. Jadi dia ingin menjadi yang sulung. Selanjutnya dalam hak kesulunganpun ia yaitu ishak dan juga kakaknya Esau tidak cukup disitu, ia juga menipu Laban pamannya dengan kambing domba yang berbintik-bintik. Namun ia juga di tipu oleh pamannya Laban mengenai Rahel yang di ganti oleh Lea. Namun ketika dia berad seorang diri disana dia diubahkan oleh Tuhan, menjadi Israel. Bagaimana Tuhan mengubahnya? Dengan adanya ia di sungai yabok..maka pengertian Yabok itu menjadi sebuah sikap yang harus dia ambil dalam hidupnya. Yabok berarti “mengosongkan”

    Namun ketika ia tiba di sungai Yabok, Allah bertanya kepadanya siapa namamu (ayat 27) Namun dalam Pasal 32: 22-32, dijelaskan bahwa pertemuan Yakub dengan Tuhan telah mengubah Yakub. Dimana ketika Tuhan bertanya siapakah namamu, ia tidak menjawab Esau sebagaimana ia menipu Ishak dengan menjawab Esau, namun ia menjawab Yakub. Jawaban ini memberikan satu pengertian bahwa sehebat-hebatnya Yakub menipu manusia, namun dihadapan Tuhan ia harus berkata jujur, sebab dihadapan Tuhan tidak ada yang dapat disembunyikan. Ketika ia berkata namaku Yakub, maka dihadapan Tuhan ia menjawab dengan jujur bahwa aku seorang penipu, dengan kejujuran ini maka Allah mengganti namanya menjadi Israel yang berarti having power with God (mempunyai kekuatan dengan Allah) atau God’s fighter (pejuang Allah).

  2. Dengan nama Israel Allah ingin mengubah strategi Yakub dalam mempertahankan hidup dengan strategi Tuhan

    Persiapan Yakub untuk bertemu kembali dengan Esau kakaknya. Namun dalam ayat 7 dijelaskan bahwa Yakub penuh dengan ketakutan sehingga ia membagi rombongannya dalam beberapa barisan, Yakub dan Rahel berada pada barisan yang paling akhir, pikirnya jikalau Esau menyerang rombongan yang pertama ia dapat melarikan diri.

    Pada pasal 32: 22-32, Dijelaskan bahwa pertemuan Yakub dengan Tuhan telah mengubah Yakub. Maka dalam Pasal 33, ketika Yakub bertemu dengan Esau ia merubah strateginya bukan ia berada di posisi barisan paling belakang, namun ayat 3, dikatakan bahwa ia berdiri paling depan. Ketika ia melihat Esau ia sujud ketanah sebanyak tujuh kali. Ini menunjukkan bahwa semua penipuan yang dipakai oleh Yakub sejak ia lahir sampai dengan ia mendapatkan kekayaan dari Laban telah dilepaskan, dan ia memiliki hati dan pikiran yang baru dengan mengandalkan Tuhan, maka ia yang dulu adalah seorang yang mempertahankan hidupnya dengan jalan menipu dan sikap egois diubah menjadi seorang yang jujur dan rendah hati.

  3. Melalui Nama ini boleh menjadi bangsa yang besar dan dari keturunan bangsa ini muncullah Yesus Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat dunia.