Pengkhotbah

Perikop
Lukas 19:1-10

Ringkasan Khotbah

Alasan Zakheus untuk tidak bertemu Tuhan:

  1. Pemungut cukai (Pekerjaan Zakheus) merupakan pekerjaan “najis”.

  2. Zakheus pendek, terlalu banyak kerumunan orang yang tinggi. Jadi Zakheus bisa saja berpikiran sia-sia saja bertemu melihat Tuhan.

Tapi tertulis di Alkitab, pada akhirnya Zakheus bertemu dengan Tuhan. Apakah yang Zakheus dapatkan dari Yesus:

  1. Sukacita (ayat 6). Padahal ia kaya (kepala pemungut cukai) dan bahagia sebelum bertemu dengan Yesus. Kebahagiaan sebelum bertemu Yesus, kebahagiaan yang ditimbulkan karena posisi dirinya dan kekayaannya. Kebahagiaan setelah bertemu Yesus, kebahagiaan yang bersumber dari hati dan bersifat kekal. Why? Karena Tuhan menciptakan manusia dan menaruh hati yang haus akan sesuatu yang kekal. Segala sesuatu yang ada di dunia tidak kekal dan tidak bisa memenuhinya.

  2. Pengenalan akan dosa (ayat 7-8). Zakheus dapat membedakan mana yang kehendak Tuhan dan mana yang bukan. Pekerjaan Zakheus itu dilegalkan oleh bangsa Roma, sebenarnya itu bukan pekerjaan yang baik. Ketika bertemu Yesus, ia sadar bahwa ia melakukan dosa.
    Dan Tuhan menawarkan karya keselamatan bagi orang-orang.

  3. Perubahan tujuan hidup (ayat 8). Setelah bertemu Yesus, yang menjadi prioritas Zakheus adalah menyenangkan hati Yesus. Uang tidak menjadi raja di dalam hatinya Zakheus ketika ia mengembalikan hartanya ke orang-orang.