Kumpulan Khotbah

Pdm. Hendrik Sarinda
18 Agustus 2013

“Lalang dan Gandum”

(Matius 13:24-26, 13:36-43)

Khotbah minggu ini mengupas lebih dalam lagi perumpamaan tentang benih gandum dan lalang yang tercatat Matius 13:24-26. Perumpamaan ini berbicara jelas tentang kondisi dunia bahkan masih relevan sampai saat kini. Kita akan melihat apa makna dari perumpamaan yang disebutkan oleh Tuhan Yesus ini, dan juga aplikasi yang dapat kita pelajari dari sini.

11 Agustus 2013

“Kehendak Allah”

(Daniel 4:35)

Allah berkehendak dalam segala sesuatunya, dan ada hal yang terjadi memang karena kedaulatan Allah sendiri yang tidak dapat diintervensi oleh siapapun juga, tetapi ada juga hal yang sifatnya relatif Allah ijinkan manusia untuk memilih. Banyak contoh dalam Alkitab yang dapat menjadi referensi kita untuk melihat lebih dalam lagi tentang “kehendak Allah”, Khotbah kali ini juga membawa kita melihat kehendak Allah dari Alkitab yang banyak mencakup tentang karya tangan Allah dan juga kasihNya atas manusia. Semoga kita menjadi orang beriman yang berjalan seturut kehendak Allah dan hidup kita dapat dipimpin oleh-Nya.

4 Agustus 2013

“Menjadi Saudara”

(Kejadian 50:15-21)

Dalam nats Alkitab Kejadian 50:15-21 ini kita akan merenungkan lebih dalam lagi tentang arti “menjadi saudara”. Pasti setiap dari kita memiliki saudara, dan apakah saudara itu hanya merupakan sebuah status belaka? Lalu apa definisi dan esensi dari saudara tersebut dan bagaimana kita harus memperlakukan saudara-saudara kita? Dalam bacaan ini, kita akan melihat arti nilai sebuah persaudaraan dari kisah hidup Yusuf dan saudara-saudaranya.