Kumpulan Khotbah

Pdt. Ayub Mbuilima
14 Juli 2019

Sekali Allah Memilih, Dia Tidak Pernah Gagal

(Hakim-hakim 6:1-10)


Allah tidak pernah berubah. dari dulu, sekarang, sampai selamanya. Dia tetap Allah yang Sama. begitu pula dengan janji-janjiNya.

Bagi Allah hasil bukanlah yang terutama namun proses dari tujuan itulah yang menjadi kehendak Allah dalam hidup umatNya, yaitu membentuk karakter yang bergantung pada Allah.

7 Juli 2019

Hidup yang Dipenuhi Roh Kudus

(efesus 5:18-21)


Apakah ciri orang yang di penuhi dan yang menerima roh kudus?
Orang yg menerima Roh kudus adalah orang yang telah lahir baru. Roh kudus masuk saat awal menerima Tuhan yesus. saat itu Roh kudus memateraikan kita sebagai orang yang percaya akan kasih karunia Tuhan.

1 Juli 2019

Realita Kesetiaan

(amsal 20:5-6,9)

iman identik dengan kesetiaan. akar dari iman adalah kepercayaan dan kepercayaan itu diwujudkan dengan kesetiaan.kesetiaan itu sendiri melibatkan tanggung jawab yang menuntut ketaatan sampai akhir. bentuk kesetiaan juga dapat berupa menepati janji. seperti Allah yang selalu menepati janjiNya pada Abraham dan umat Israel.

17 Juni 2019

Rumah Tangga: Perjanjian Tanggung Jawab

(Efesus 5: 22-33)


Suatu rumah tangga bisa menjadi rumah tangga yang kokoh apabila ada perjanjian tanggung jawab di dalamnya, di mana pernikahan itu dilandaskan atas perjanjian, bukan terbatas dengan cinta/sayang. Karena di dalam rumah tangga terjadi suatu pengenalan yang tidak pernah usai, sering kali kita lebih cepat menangkap sisi buruk dari pasangan, di situ lah akhirnya komitmen dalam perjanjian tanggung jawab menjadi pengikat dalam pernikahan.

9 Juni 2019

Keyakinan yang Kokoh di Dalam Injil

(Roma 1:16-17)


Mengapa kita harus berdiri kokoh diatas injil?
Tidak ada kemungkinan orang pilihan Allah, orang yang akan diselamatkan Allah mati diluar injil. Hanya melalui injil orang dapat diselamatkan. Iman orang percaya dalam kondisi apapun tidak akan pernah menjadi minoritas, karena iman tidak bergantung kepada jumlah, tapi ditentukan oleh siapa yang hadir dalam iman itu. Iman itu berkaitan dengan Tuhan, maka Tuhan tidak pernah menjadi minoritas.

27 Mei 2019

Melakukan Perbuatan Baik (bagian 2)

(Efesus 2:10)


Kekristenan menempatkan perbuatan baik setelah memperoleh keselamatan. kemudian perbuatan baik ditujukan untuk kemuliaan Tuhan semata. Biarlah segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

20 Mei 2019

Melakukan Perbuatan Baik

(Efesus 2:10)


Mengapa kita harus berbuat baik?
Karena kita ini buatan Allah, sumber dari segala sesuatu yang baik!
Kita dibentuk dengan kebaikanNya dengan tujuan agar kita juga melakukan hal yang sama, yaitu melakukan kebaikan.
Ketika kita telah ditebus, Roh Kudus akan tinggal dalam hidup kita, dan Roh Kudus lah yang akan mengerjakan perbuatan baik itu.

15 Mei 2019

Dinamika iman Hana

(1 Samuel 1:9-20, 28)

Dinamika iman Hana


3 poin dari Iman Hana kepada Tuhan Allah : Tidak bergantung pada lingkungan, Senantiasa Mengingat akan Tuhan sebelum maupun sesudah pergumulan, tidak hanya berani meminta namun juga berani dan rela mengembalikan berkat yang diterima kembali kepada Tuhan.

24 Februari 2019

Berikatpinggangkan Kebenaran

( Efesus 6 : 10-14)

Selama manusia masih hidup, manusia perlu berikatpinggangkan kebenaran dengan cara hidup melekat di dalam kebenaran yang sejati (Aletheia) untuk melawan peperangan dengan iblis yang terlebih dahulu sudah dimenangkan Allah melalui karya Yesus Kristus di atas kayu salib.

17 Februari 2019

Rumah Tangga : Inisiatif Allah

(Kejadian 1 : 26-27; Kejadian 2 : 18-24)


Rumah tangga dicipta Allah dalam rancangan kekekalan oleh tangan dan nafas Allah sendiri untuk melaksanakan mandat prokreasi dan menguasai serta mengelola bumi.

Page 1 of 11