Kumpulan Khotbah

Pdt. Ayub Mbuilima
13 Mei 2018

Makna Kenaikan Kristus Bagi Gereja-Nya

(Yohanes 14 : 1-3; Yohanes 16 : 7)

Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga mengingatkan kita bahwa setiap orang percaya akan memiliki jaminan keselamatan di dalam Yesus Kristus, menjadi warga kerajaan sorga, menerima kemuliaan ketika Yesus datang yang kedua kali dan memiliki penghibur yang menyertai dan menginsafkan kita akan dosa, yaitu Roh Kudus.

6 Mei 2018

Jauh dari Hadapan Tuhan

(Yunus 2 : 1-10)

Hidup jauh dari hadapan Tuhan hanya akan membawa kita kepada keterpurukan karena Tuhan menganugerahkan kehidupan kepada kita untuk mewujudkan rencana Allah.

29 April 2018

Pelarian yang Sia-sia

(Yunus 1 : 1-17)

Teks bacaan kali ini dimulai dengan kalimat, ”Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai,..” (ayat 1). Istilah datanglah firman TUHAN atau Allah berfirman sebenarnya adalah istilah yang tidak asing lagi dan sering dituliskan dalam perjanjian lama (bahkan tertulis sebanyak 120 kali). Sehingga istilah datanglah ini seakan biasa dan tidak spesial. Namun, jika kita memperhatikan lebih […]

22 April 2018

Kuduskalah Hari Sabath (Seri 2)

( Keluaran 20:8-11)

Ingat dan kuduskanlah hari Sabath adalah perintah Tuhan agar kita memisahkan hari Sabath Minggu dan mengkhususkannya bagi Tuhan. Dimana pada hari tersebut kita melakukan perhentian penuh setelah enam hari lamanya bekerja dan mengadakan pertemuan Kudus untuk berbakti kepada Tuhan dan bersekutu dengan saudara seiman.

8 April 2018

Kuduskanlah Hari Sabath

(Kejadian 20 : 8-11)

Sabath itu hari apa? Sabtu atau minggu? Berdasarkan keluaran 20:10-11, maka hari sabath itu hari ke 7. Hari ketujuh itu tergantung dari kita mulai hitung hari pertamanya dari mana? (Bagi orang Yahudi yang disebut hari pertama itu hari minggu bukan senin. Maka hari ke tujuh itu hari sabtu. Maka sabath itu hari sabtu.) Oleh sebab […]

4 Februari 2018

Cara Ibadah yang Benar

(Keluaran 20 : 4-5)

Ibadah yang berkenan kepada Allah adalah ibadah yang objek penyembahannya hanya kepada Allah dan dilakukan dengan cara yang benar yaitu dengan menjadikan Yesus sebagai satu-satunya pengantara ibadah kita dan menaikkan pujian yang sesuai dengan Firman Tuhan.

28 Januari 2018

Dengan Memiliki Objek dan Cara Penyembahan yang Benar

(Keluaran 20 : 3-5)

Apabila beberapa minggu yang lalu, telah dibahas bahwa Gereja yang Teguh dan Setia adalah Gereja yang penyembahannya hanya berpusat kepada Allah dan tidak  menganut paham sinkretisme (menambah kebenaran dari Tuhan dengan kebenaran-kebenaran dari ajaran atau agama lain) dan politeisme (penyembahan campuran yaitu dengan menambah alah lain). Maka di minggu ini, masih melanjutkan sub-thema tahunan GIII […]

14 Januari 2018

Gereja yang Teguh dan Setia

(Keluaran 20 : 3-5)

Gereja yang teguh dan setia adalah gereja yang penyembahannya hanya ditujukkan kepada Allah dan berpusat kepada Allah (sehingga tidak ada politeisme dan sikretisme) karena Allah itu Esa.

7 Januari 2018

Kasih Tak Terbantahkan

(Roma 9 : 19-23)

Keselamatan adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada umat pilihan-Nya, dan anugerah ini tidak diberikan kepada semua orang melainkan hanya sebagian. Karena dengan demikian Allah menunjukkan kemurahan kepada orang yang dipilihNya, kedaualatan penuh atas pilihanNya dan keadilan kepada setiap orang yang berdosa dihadapanNya.

1 Januari 2018

Membuka Lembaran Baru

(Yakobus 4 : 13-17)

Perencanaan hidup memang perlu namun menempatkan Tuhan menjadi yang pertama dalam perencanaan hidup adalah yang utama. Setiap kegagalan boleh terjadi dalam hidup manusia namun dalam melibatkan Tuhan, rencana Tuhan tetap berjalan atas hidup kita.

Page 1 of 9